bjb

Dinkes Ciamis: Pola Hidup Sehat Harus Dijadikan Gaya Hidup

Kegiatan senam sehat bersama dalam kegiatan Germas di Gedung Gelanggang Galuh Taruna Kabupaten Ciamis, Selasa (3/12/2019). (Foto: Tony/Jabarnews)

JABARNEWS | CIAMIS - Salah satu program yang didorong dalam upaya pencapaian Indonesia Sehat adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Bentuk kegiatan Germas meliputi aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Istri Bupati Ciamis, Hj Kania Ernawati dan Istri Wakil Bupati Ciamis Gitta Griselda, terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan senam sehat bersama dalam kegiatan Germas di Gedung Gelanggang Galuh Taruna Kabupaten Ciamis, Selasa (3/12/2019).

Sekdin dan sekaligus menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, H. Maman Somantri mengatakan kegiatan Germas yang diikuti Kader PKK, Kader Kesehatan, Forum Waringkas, dan seluruh lintas sektor lainnya tersebut merupakan upaya untuk lebih menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat," kata kepada Jabarnews.com.

"Dengan Germas diharapkan dapat membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat,".

Menurutnya, pola hidup sehat harus menjadi trend dan terus digelorakan agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan, dengan begitu masyarakat tidak akan mudah terjangkit penyakit.

"Perilaku hidup sehat sangat penting dalam pencegahan penyakit dan sangat tergantung terhadap perilaku individu dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya harus didukung dengan kualitas lingkungan dan lain sebagainya.

H. Maman menerangkan, apalagi era memasuki musim penghujan, masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan, terutama untuk pribadi, keluarga maupun lingkungannya.

"Oleh sebab itu melalui program kegiatan Germas ini, pihak pemerintah selalu berupaya untuk meningkat dan mengingatkan agar masyarakat menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), karena menurutnya sehat itu mahal, lebih baik mencegah dari pada mengobati," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pendamping Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Ciamis, Hj Kania Ernawati menuturkan bahwa tiap tahunnya program kegiatan Germas secara rutin selalu disosialisasikan.

"Program Germas merupakan bagian dari 10 program pokok PKK, terutama Pokja IV yang membidangi kesehatan keluarga yang didalamnya membahas tentang bebas asap rokok, rajin berolahraga, menjaga fisik, diet seimbang dan lain sebagainya," ujarnya.

Hj. Kania berharap masyarakat Kabupaten Ciamis bisa lebih sadar akan menjaga kesehatan, terutama menjaga kebersihan di masing-masing tiap lingkungannya. (CR1)


Tags : Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Germas TP PKK Ciamis Dinas Kesehatan PHBS Kades PKK Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Ciamis Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi