Hore.. Mulai Tahun 2021 Fasilitas Umum di Cianjur Ramah Difabel

JABARNEWS | CIANJUR – Penyediaan fasilitas umum bagi difabel disadari atau tidak disadari telah sangat membantu difabel merasa nyaman berada di ruang publik. Bahkan di perkantoran, kesadaran akan pentingnya menyediakan fasilitas tersebut sudah semakin terasa.

Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menargetkan tahun 2021 fasilitas umum dan perkantoran di Cianjur ramah untuk kaum difabel, bahkan pemerintah akan memfasilitasi kaum difabel dapat bekerja di sejumlah perusahaan.

Baca Juga:  PWI Purwakarta Akan Laksanakan Dua Kegiatan di Akhir Tahun 2019

“Saat ini masih banyak fasilitas umum yang belum ramah difabel, tidak terkecuali bangunan pemerintahan hingga Pendopo Cianjur,” kata Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Selasa (3/12/2019).

Ia menjelaskan, secara bertahap akan dilakukan penataan dan penambahan fasilitas untuk kaum difabel khusus di lingkungan pemkab. Salah satu fasilitas umum yang mulai ditata untuk menunjang kaum difabel adalah trotoar di perkotaan.

Baca Juga:  Dinkes Garut Lakukan Penelusuran Terkait Penyebab Anak Meninggal Usai Divaksin Covid-19

“Ke depannya gedung perkantoran pemerintahan dan swasta akan dibuatkan sarana prasarana untuk difabel. Saat ini yang sudah ada di kawasan alun-alun, diterapkan fasilitas yang ramah difabel,” katanya.

Tahun depan ungkap dia, mulai ditata dan ditargetkan semua fasilitas tersebut selesai dibangun awal tahun 2021, termasuk mengupayakan kuota 1 persen lapangan pekerjaan di perusahaan untuk kaum difabel.

Terkait hal tersebut, pihaknya melalui dinas terkait akan melakukan sosialisasi sebelum menerapkan aturan di setiap perusahaan yang ada di Cianjur yang jumlahnya cukup banyak.

Baca Juga:  Gagal Jadi Anggota DPRD Ciamis, Wanita Ini Tekuni Bisnis Seroja

“Sudah ada ketentuannya, kuota 1 persen untuk kaum difabel, untuk pelaksanaan di lapangan akan ditangani langsung dinas tenaga kerja,” katanya.

Tindak lanjut dari penyediaan berbagai fasilitas tentu saja membutuhkan peran serta semua pihak, tidak hanya pemerintah, dalam memelihara fasilitas umum yang sudah disediakan tersebut. (Red)