Puluhan Sekolah di KBB Berada di Kawasan Patahan Lembang

JABARNEWS | BANDUNG – Meski hingga kini belum ada laporan bangunan sekolah yang retak atau ambruk dampak dari Patahan Lembang. Berdasarkan hasil pendataan Institut Teknologi Bandung (ITB) terdapat 94 sekolah di Kabupaten Bandung Barat berada pada radius 1 kilometer dari Patahan Lembang.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Asep Nirwan mengatakan walaupun hingga kini keberadaan Patahan Lembang tidak berdampak apapun pada bangunan sekolah, namun pihaknya akan tetap mengantisipasi dari sekarang.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Sumbang 21 Bidang Tanah Senilai Rp127 Miliar untuk Pembangunan Tol Getaci

“Jangan sampai ada kejadian bangunan sekolah yang dekat dengan daerah patahan mengalami kerusakan secara tiba-tiba,” kata Asep Nirwan di Ngamprah, dilansir dari Galamedia Rabu (4/12/2019).

Baca Juga:  Emil Ajak Investor Asing untuk Investasi di Jawa Barat

Ia mengatakan, sebenarnya keberadaan sekolah yang berdekatan dengan daerah patahan sudah lama menjadi perhatian. Rencananya struktur bangunan sekolah yang akan dibangun dan direnovasi akan tahan gempa.

“Khusus untuk daerah Patahan Lembang saya akan konsultasi dengan Dinas PUPR . Mungkin untuk daerah ini terutama kontruksinya harus menyesuaikan dengan kondisi wilayah. Speknya harus dinaikan,” tuturnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Tetapkan Oknum Guru Ngaji Cabul Sebagai Tersangka dan Masuk DPO

Seperti diketahui, Patahan Lembang yang membentang sepanjang 22 kilometer melintasi Kecamatan Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah, hingga titik nol di dekat Tol Padalarang. (Red)