14 ODHA di Purwakarta Dapat Bantuan Nutrisi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 14 orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Kabupaten Purwakarta menerima bantuan nutrisi dari Kementrian Sosial melalui loka rehabilitasi sosial ODHIV Kahuripan Sukabumi yang bekerja sama dengan Yayasan Resik Purwakarta.

Direktur Yayasan Resik, Hasanuddin, ada 50 ODHA bantuan nutrisi ini yang tersebar di 4 Kabupaten. Untuk di Kabupaten Purwakarta ada 14 ODHA mendapatkan bantuan nutrisi.

“Bantuannya sebesar Rp 3 juta per orang yang dibagikan tiga tahap selama 3 bulan. Bantuan tersebut langsung disalurkan ke rekening masing-masing ODHA. Namun, untuk penggunaannya didampingi petugas pemdamping dari kader Yayasan Resik Purwakarta, supaya bisa dibelikan kebutuhan nutrisi dan tidak dibelikan kebutuhan yang lain,” kata Hasan, saat ditemui di kantor Yayasan Resik, Jumat (20/9/2019).

Baca Juga:  3.000 Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung

Menurutnya, bagi orang-orang yang hidup dengan HIV/AIDS, nutrisi merupakan hal penting. Dia menambahkan, nutrisi membantu ketika terjadi perubahan kondisi tubuh, seperti penurunan berat badan dan infeksi yang datang sebagai akibat dari penyakit dan konsumsi obat-obatan.

“Nutrisi baik bagi ODHA untuk membantu mendorong kesehatan yang baik dan memberikan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Nutrisi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan tubuh bisa lebih melawan penyakit. Gizi yang baik juga membantu dalam mencerna obat-obatan dan mengendalikan gejala yang datang dengan HIV,” jelasnya.

Baca Juga:  Hari Pers Nasional 2021 di Purwakarta, Begini Harapan Anne Ratna Mustika

Bantuan nutrisi ini, tambah pria yang akarab disapa Hasan itu, karena di Kabupaten Purwakarta ini hampir 50 persen dari kurang lebih 600 ODHA yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk sehari-harinya.

“Saya berharap Pemerintah Kabupaten Purwakarta bisa memberikan bantuan nutrisi bagi ODHA yang kurang mampu, pasalnya untuk bantuan yang melalui Yayasan Resik Purwakarta kuotanya terbatas,” ucap Hasan.

Terpisah, kader Yayasan Resik Purwakarta, Iin Badriah yang mendampingi 7 ODHA yang memperoleh bantuan nutrisi tersebut mengatakan, ketika seseorang terinfeksi HIV, konsumsi nutrisi itu sangat penting bagi ODHA, karena tubuh harus bekerja keras melawan infeksi yang berkembang. Hal tersebut merupakan akibat dari sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Baca Juga:  Panik! Perahu Bocor, Pemancing di Waduk Saguling Tewas Tenggelam

“Bekerja ekstra ini akan menggunakan lebih banyak energi, sehingga membutuhkan mengonsumsi makanan yang lebih sehat daripada apa yang tubuh sebelumnya butuhkan,” jelas Iin.

Sementara itu, lanjut dia, makanan yang mengandung nutrisi dapat diperoleh dari asupan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Selain itu, orang dengan HIV juga membutuhkan makanan yang memberikan banyak energi seperti karbohidrat dan lemak.

“Tadi juga kita bimbing para ODHA yang mendapatkan bantuan nutrisi ini untuk belajan bahan-bahan yang mengandung nutrisi, seperti susu, telur, daging, buah, sayuran, cemilan sehat dan madu,” ujarnya. (Gin)