Hanpang Kodim 0608, Jamin Ketahanan Pangan di Wilayah Cianjur

JABARNEW | CIANJUR – Kebun percontohan Ketahanan Pangan (Hanpang) Kodim 0608, saat panen perdananya pemberdayaan ketahanan pangan tahun 2019, di Kampung Beunying Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, pada Rabu (04/12/2019), disambut meriah dan penuh gembira.

Dalam panen tersebut, turut di ikuti langsung oleh Danrem 061/Suryakancana (SK) Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bersama Waaster Mabes TNI Mar Purnomo untuk memetik tanaman cabai.

Danrem 061/SK, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan, panen raya ini merupakan suatu bentuk apresiasi keberhasilan petani memanen kentang, dan cabai.

Baca Juga:  Menyoal Oknum Setoran Dana Gempa, LBH Cianjur: Perilaku Kejahatan Sosial Kemanusian!

“Panen raya kini terselenggara karena, adanya bentuk kerjasama antara TNI dengan Para Kelompok Tani (Poktan) sebagai salah satu bentuk nyata dukungan TNI terhadap Para Poktan,” ujar Helmy.

Kemudian menurutnya, keberhasilan tanam perdana ini berkat adanya pembinaan serius dalam program pertanian, ditambah upaya khusus melalui tugas pendampingan prajurit TNI.

“Khususnya di wilayah Korem 061/Suryakancana, hal ini tentu merupakan prestasi luar biasa, dan layak untuk mendapatkan apresiasi,” katanya.

Baca Juga:  Heboh Pernyataan Kalimantan Tempat Jin Buang Anak, Begini Profil Edy Mulyadi

Selain itu ditambahnya, dalam menyiapkan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah, pihaknya melakukan melalui program pembinaan ketahanan pangan dengan memanfaatkan sumber daya manusia serta sumber daya alam secara efektif, efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Diakomodir Korem 061/SK dengan melibatkan masyarakat melalui Poktan yang ada di area seluas empat hektare di Cianjur,” paparnya.

Dalam tujuan panen raya ini adalah untuk menunjukan kepada masyarakat luas bahwa Korem 061/Suryakancana selaku komando kewilayahan turut serta dalam pencapaian panen raya bersama ‘Gapoktan’ di Cianjur.

Baca Juga:  Penggorengan Tahu Sumedang di Purwakarta Ludes Dilahap Si Jago Merah

“Membantu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, juga menjamin ketersediaan logistik wilayah untuk kepentingan pertahanan,” ujarnya.

Seperti diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh para Paban Ster Mabes TNI, Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, Plt Bupati Kabupaten Cianjur, Herman Suherman, Kabagren Polres Cianjur, Dinas Kehutanan Provinsi Jabar. (CR2)