Pasca Hujan Deras, Satgas Citarum Harum Lakukan Patroli Sungai

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kekhawatiran terhadap kondisi sungai bagi Satgas Citarum Harum Sektor 13, pasca hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Purwakarta beberapa waktu lalu.

Satgas Citarum Harum Sektor 13 tanpa harus menunggu lama segera melakukan patroli sungai terhadap sejumlah sungai yang ada di wilayah Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf Nawzardi Irham melalui Pasi Ops Kapten Inf Bayu Danu Harto mengatakan, pengecekan atau patroli sungai ini dilakukan lantaran pihaknya khawatir saluran sungai kembali dipenuhi sampah rumah tangga pasca hujan deras yang kerap terjadi beberapa saat lalu.

Baca Juga:  Pernyataan Wiranto Dinilai Menyesatkan Sebut Karhutla Tidak Parah

“Masih ada sampah di setiap aliran sungai, hanya tidak separah atau sebanyak sebelumnya,” kata Bayu, saat ditemui disela kegiatan patroli sungai Cidadapan, yang berlokasi di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Purwakarta, Rabu (04/12/2019).

Bayu menyebut, pihaknya akan kembali memeberikan imbaun terhadap masyarakat agar tidak lagi membiasakan diri merusak lingkungan, salah satunya dengan membuang sampah ke sungai.

Baca Juga:  Pesawat Dilaporkan Jatuh di Blora, Puing-puing Ditemukan di Desa Nginggil

“Kita akan tindak tegas dan berkordinasi dengan pihak pemerintah desa sekitar untuk memberikan sanksi kepada siapa saja yang mengotori sungai,” ucapnya.

“Mereka harus mulai sadar, bahwa lingkungan yang bersih akan berdampak baik bagi mereka pula,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan terus menyisir tumpukan dari hulu anak sungai hingga hilir. Meski jalur anak sungai cukup terjal namun ia mengatakan, sterilisasi sampah terus dikerjakan anggotanya.

Baca Juga:  Cawalkot Cirebon Ingin Anggaran Posyandu Ditambah

“Jangan sampai diwilayah sektor 13 kembali tercemar oleh sampah yang berserakan,” imbuhnya.

Demi mewujudkan citarum harum sesuai program pemerintah, lanjut Bayu, pihaknya pun tidak bisa bekerja sendiri, untuk itu pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

“Kelola sampah dengan baik jangan buang sampah sembarangan apalagi ke sungai,” ungkapnya. (Gin)