Atalia Kamil: Gemarikan Harus Dimulai dari Usia Dini

JABARNEWS | BANDUNG – Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat, Atalia Kamil mensosialisasikan Gemarikan (Gerakan Makan Ikan), guna meningkatkan konsumsi ikan, mendorong masyarakat untuk makan bergizi dan aman berbasis dari sumber daya lokal.

“Hari ini kami hadir terkait dengan program yang dititipkan dan diimbau kepada kami dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. Di mana kami harus menyebarluaskan terkait dengan sosialisasi Gemarikan dimulai dari anak usia dini,” kata Atalia PAUD Bunda Asuh Nanda, Kota Bandung, Rabu (4/12/19).

Baca Juga:  Prajurit TNI Sosialisasikan Program TMMD kepada Kepsek SDN Cisaat

Selain itu, Atalia berharap angka stunting di Jabar terus menurun seiring dengan meningkatnya konsumsi ikan anak-anak. Karena salah satu faktor penyebab tingginya angka stunting di Indonesia, khususnya Jabar, adalah asupan gizi yang buruk.

“Harapan dari kami adalah bahwa semakin kecil anak-anak ini diberikan pembekalan terkait dengan gemar makan-makanan yang bergizi, khususnya ikan, kasus-kasus stunting di Indonesia juga bisa hilang dan tidak ada lagi kasus baru,” ucapnya.

Baca Juga:  Wanggai Anggap Persaingan Hal Yang Bagus

Selain itu, Atalia mensosialisasikan Gemarikan ini dengan membacakan dongeng yang berjudul Mia dan Ikan Goreng. Dongeng tersebut menceritakan tentang pentingnya mengonsumsi ikan.

Dengan mengonsumsi ikan yang kaya protein, kata dia, anak-anak Jabar bisa tumbuh sehat, cerdas, dan ceria.

Baca Juga:  Pengundian Nomor Paslon Di Bandung Dimeriahkan Para Artis

“Saya kebetulan juga membuat buku terkait dengan Gemarikan berjudul ‘Mia dan Ikan Goreng’, buku ini juga sudah menyebar di seluruh Jawa Barat.Selain itu di dalamnya (buku) juga disampaikan bagaimana orang tua membiasakan anak untuk makan ikan dimulai dengan memisahkan duri atau tulang ikan tersebut dan lain sebagainya,” tutupnya. (Rnu)