Desa Wanasari Purwakarta Miliki Potensi Wisata Air dan Pertanian

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaya Laksana, Desa Wanasari, Wanayasa, Purwakarta akan membangun wisata air alam dan agrowisata. Secara bertahap beberapa wahana akan direalisasikan pada akhir tahun 2019.

Pendamping Desa di Kecamatan Wanayasa, Asep Nawawi mengatakan Desa Wanasari sangat potensial untuk membangun wisata air dan pertanian. Wilayahnya yang memiliki lahan luas dan disertai adanya sungai dengan panjang 5 KM berpotensi untuk wanawisata.

“Daya pikat utamanya air. Bukan air sembarangan, ini air alam, sungai yang bersih, sawah yang terhampar luas, mata air alami ada di sini,” ujar Asep, (05/12/2019)

Ia menambahkan, aliran sungai yang panjang, udara sejuk, potensi pertanian dan view yang indah, merupakan kekayaan alam Desa Wanasari yang menjadi nilai tambah yang jarang dimiliki desa lain.

Baca Juga:  Istri Hamil 2 Bulan, Dedi Mulyadi Doakan Anaknya Jadi Pemain Bola

“Persyaratan untuk wisata sudah sangat memenuhi, memang ada jalan yang harus dibangun. Dalam area wisata, untuk jalan kaki,” ujarnya

Sebelumnya, beberapa perwakilan lembaga desa telah melakukan survey lapangan pada hari Jum’at (29/11/2019), bersama Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Pengurus BUMDes Jaya Laksana, anggota Karang Taruna dan aparat Desa Wanasari.

Unit Usaha Wisata sendiri, saat ini sedang dalam tahap rancangan bersama antara BUMDes, Pendamping Desa dan Karang Taruna. Mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa dan Bamusdes.

Baca Juga:  Tujuh Orang Maju Jadi Bacalon di Pilkades Sukamaju Cianjur

“Sebelumnya, telah berjalan unit usaha perdagangan,” ujar Asep.

Sementara itu, Asep Nawawi juga menyarankan agar Pemerintah Desa Wanasari tidak tanggung-tanggung dalam mengucurkan modal ke BUMDes Jaya Laksana, jika mau mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang besar di masa yang akan datang.

“Kalo mau PADes-nya besar, ya jangan tanggung-tanggung kucurkan modal, jangan kurang dari 500 juta. Ini, mau bikin Ponggok-nya Jawa Barat lho!,” seru Asep Nawawi.

Berikut adalah proyeksi pembuatan wahana wisata yang akan dibangun secara bertahap hingga tahun 2022 yang akan datang:

Baca Juga:  Curi Motor, Pria Asal Serdang Bedagai Ditangkap

1. Arung Jeram

2. Kolam Renang Alami di sungai

3. Jembatan Rawayan Bambu, yang akan digunakan wisatawan untuk menyebrang sekaligus berselfie

4. Jembatan Titian dengan tambang

5. Flying Fox

6. Selfie Corner di sawah

7. Coffee Shop dengan bangunan bambu

8. Mitting Room dengan konsep bambu

9. Kuliner Khas Kampung, bahan organik

10. Kopi asli Purwakarta

11. Homestay, bagi pengunjung yang ingin menginap

12. Camping Ground

13. Wahana pemandian di sungai

14. Kolam Pancing

15. Water Boom

16. Agrowisata, petik sendiri

17. Adventure track, ATP dan Motor Trail. (Red)