Intensitas Hujan Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada Bencana

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan yang terus mengguyur beberapa hari ini, Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Kapolsek Wanayasa, AKP Sutikno menghimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam longsor, banjir dan pohon tumbang.

“Masyarakat Wanayasa terutama yang berada di daerah lereng perbukitan maupun dekat aliran sungai, harus ekstra hati-hati. Karena curah hujan tinggi yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Wanayasa, bisa saja menjadi penyebab bencana alam, seperti longsor maupun banjir,” kata Tikno sapaan karibnya, Kamis (5/12/2019)

Baca Juga:  Soal Larangan Pengendara Pakai Sandal Jepit, Polisi; Tidak Bisa Lindungi Tubuh Saat Kecelakaan

Menurut Kapolsek, pihaknya meminta agar masyarakat juga berhati-hati saat hujan turun. Segera lapor jika terjadi sesuatu hal yang membahayakan.

“Guna antisipasi dan deteksi dini terjadinya banjir maupun longsor, saya dan Babinkamtibmas terus mengecek setiap daerah di wanayasa, terutama yang terdapat sungai atau rumah warga yang berada di lereng perbukitan,” kata Tikno, saat ditemui di sela-sela kesibukannya.

Baca Juga:  Cerita Gading Marten, Benarkah Pernah Ancam Ayahnya Sendiri Roy Merten?

Masyarakat diminta agar segera melaporkan kepada pihak terkait, baik itu ke aparat RT, RW, pemerintah desa setempat, para anggota babinkamtibmas maupun babinsa, bilamana melihat sebuah gejala akan terjadi bencana alam.

Laporan dari masyarakat itu akan segera disikapi untuk ditindaklanjuti, dilakukan pengkajian untuk selanjutnya mengambil langkah antisipasi menghindari terjadinya korban jiwa dan harta.

“Semua anggota babinkamtibmas juga kami sampaikan agar selalu memberikan laporan dari masyarakat dan dari temuan langsung di lapangan,” katanya.

Baca Juga:  Kebakaran Landa Lapas Tanggrang, Tewaskan 41 Orang Termasuk Dua WNA

Lanjut dia, pihaknya akan sikapi dan Respon cepat apabila terjadi bencana alam. Hal ini wajib di lakukan, agar deteksi dini terhadap situasi terkini, baik bencana alam maupun Kamtibmas lainnya, lebih cepat dan tanggap diatasi.

“Masyarakat untuk tetap waspada dan segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek terdekat apabila terjadi bencana alam atau gangguan Kamtibmas lainnya,” pungkasnya. (Gin)