Pangdam III Siliwangi Lepas Satgas Misi Perdamaian PBB ke Libanon

JABARNEWS | BANDUNG – Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, melepas Satgas Misi Perdamaian PBB di Lebanon tahun 2019 bertempat di Makodam III Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Bandung, Kamis (5/12/2019).

Nugroho memberi ucapan selamat kepada anggota yang tergabung dalam Satuan Tugas Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB di Lebanon. Selanjutnya ia berpesan bahwa sejatinya setiap prajurit TNI yang diberangkatkan ke daerah operasi merupakan prajurit yang terpilih, terdidik dan terlatih sekaligus sebagai bentuk kepercayaan dan kehormatan dari negara untuk mengemban tugas operasi.

Baca Juga:  Ratusan Anggota PPDI Pangandaran Akan Datangi Istana Presiden di Jakarta

“Sejak awal dilantik dan disumpah menjadi prajurit, sudah tertanam didalam hati prajurit untuk siap menunaikan berbagai tugas operasi apalagi tugas operasi sebagai Satgas Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan bukan saja oleh Bangsa dan Negara, tetapi juga kepercayaan dunia untuk menjaga dan memelihara dunia khususnya di wilayah selatan Lebanon,” kata Nugroho.

Dalam konteks Internasional, lanjut dia, partisipasi tersebut merupakan indikator penting dan konkrit dari peran suatu negara dalam memberikan kontribusi dalam menjaga perdamaian dan keamanan Internasional.

Sedangan dalam konteks Nasional, keterlibatan tersebut merupakan sarana peningkatan profesionalisme individu dan organisasi yang terlibat langsung dalam penggelaran operasi Internasional.

Baca Juga:  Pemkab Bekasi Anggarkan Kembali Pembebasan Lahan Jalan Cikarang-Cibarusah

“Agar tugas-tugas yang akan diemban Satgas Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB dapat berhasil dengan baik, agar senantiasa memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selama menjalankan tugas operasi mendapat bimbingan dan petunjuknya,” ucapnya.

Kemudian, Nugroho menuturkan seluruh anggota TNI harus senantiasa menjaga nama baik Indonesia, menjaga sopan santun dan menghargai budaya di wilayah tempat penugasan. Pelajari dan pahami adat istiadat, budaya serta tradisi masyarakat setempat untuk memudahkan melakukan komunikasi.

Baca Juga:  Penemuan Mayat Perempuan Mengambang di Kolam Air Gegerkan Warga Surade Sukabumi

“Tak kalah pentingnya, peran Indonesia di Selatan Lebanon selama ini sangat direspon dengan baik dari semua kalangan, baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah setempat. Oleh karena itu, jangan ciderai kepercayaan tersebut dengan perbuatan yang tidak terpuji, tegas Pangdam,” jelasnya.

Untuk diketahui, anggota Satgas akan melakukan pengamanan personil dan meteriil, baik selama melakukan serpas maupun selama berada di daerah operasi. Dari keseluruhan personil yang dilepas oleh Pangdam III/Siliwangi, diantaranya terdapat Mayor Inf Agus dari Menvetcaddam III Siliwangi. (Rnu)