PT Aquafarm Nusantara Sulap Limbah Ikan Jadi Biodiesel

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – PT Aqufarm Nusantara sebagai pabrik pengelola Ikan Tilapian di Desa Naga Kisar, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menyulap isi perut ikan sisa ekspor menjadi sebuah biodiesel.

“Isi perut ikan tilapia dari sisa pengolahan daging yang di ekspor, diolah menjadi minyak biodiesel,” kata Country Factory Manager PT Aquafarm Nusantara, Joko Suhendro didampingi External Affairs Senior Manager, Kasan Mulyono dilokasi pengolahan minyak biodiesel, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga:  Dikelola Pihak Ketiga, Dinkes Cimahi Klaim Limbah Medis Tertangani Baik

Ia menambahkan, dalam prosesnya semua isi perut ikan tilapia dikumpul lalu dipanaskan dengan suhu mencapai 100 derajat celcius dengan menggunakan boiler selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.

Baca Juga:  Tinjau Lokasi Banjir Lahar Dingin, Ini Pesan Bupati Karo

“Pemanasan dilakukan agar perut ikan mencair dan menghasilkan minyak biodiesel,” ucap Joko.

Dikatakan Joko, minyak biodiesel yang telah jadi akan digunakan untuk bahan bakar penggerak mesin diesel yang ada disekitar pabrik dan kerambah.

Baca Juga:  Polisi Usut Video Tak Senonoh Keponakan Prabowo, Ini Kata MKD DPR

“Untuk 1 ekor ikan tilapia akan menghasilkan 3 persen minyak biodiesel,” ucap Joko.

Menurutnya, menggunakan minyak biodiesel salahsatu alternative untuk mengatasi pencemaran udara dan lingkungan karena biodiesel tidak mengandung sulfur yang dapat merusak lingkungan. (CR3)