Yuk.. Lirik Warisan Leluhur Tari Gobuk di Serdang Bedagai

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Tari Gobuk dikenal masyarakat melayu sejak masa Kerajaan Serdang dan Kerajaan Bedagai pada abad ke-17. Sebuah tarian ritual leluhur suku melayu untuk pengobatan penyakit yang diderita seseorang karena dimasuki ruh leluhur.

Menjaga punahnya tari Gobuk, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Parawisata dan Budaya (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara mulai mendidik pelajar SMP dalam melestarikan tarian tersebut.

Baca Juga:  Jalan Santai & Turnamen Sepak Bola Ramaikan HUT Pussenarhanud Ke-71

“Tari Gobuk akan terus dilestarikan di Kabupaten Serdang Bedagai karena diperkirakan abad ke-17 tarian ini sudah dikenal masyarakat melayu Serdang Bedagai,” kata Kadis Poraparbud Serdang Bedagai, Sudarno, Kamis (5/12/2019).

Ia menjelaskan, tari Gobuk dimainkan saat seorang calon pengantin perempuan mendadak kemasukan ruh lelulur. Untuk memanggil ruh didalam tubuh perempuan tersebut, maka orangtua di perempuan akan memanggil dukun (orang pintar) dengan bantuan tarian Gobuk.

Baca Juga:  450 Prajurit Kodam III/Siliwangi Berangkat Jaga Perbatasan di Papua

“Tari Gobuk ini sudah ada jaman kerajaan melayu dalam proses pengobatan. Untuk itu perlu dilestarikan dari kepunahannya,” ucap Sudarno.

Dikatakannya, selain tari Gobuk, tarian serampang duabelas dan tari persembahan akan terus dilestarikan dengan cara mendidik pelajar SMP mengikuti pelatihan di sekolah maupun sanggar seni.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Jumat 13 Januari 2023

“Seni budaya dan tradisi suku melayu akan terus dikembangkan dan dilestarikan agar generasi muda dapat melesatarikan budaya melayu di Serdang Bedagai,” ungkapnya.(CR3)