bjb
itcbet

Yuk.. Lirik Warisan Leluhur Tari Gobuk di Serdang Bedagai

Tari Gobuk peninggalan leluhur suku melayu yang nyaris punah (Fopt: Putra/Jabarnews)

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI - Tari Gobuk dikenal masyarakat melayu sejak masa Kerajaan Serdang dan Kerajaan Bedagai pada abad ke-17. Sebuah tarian ritual leluhur suku melayu untuk pengobatan penyakit yang diderita seseorang karena dimasuki ruh leluhur.

Menjaga punahnya tari Gobuk, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Parawisata dan Budaya (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara mulai mendidik pelajar SMP dalam melestarikan tarian tersebut.



“Tari Gobuk akan terus dilestarikan di Kabupaten Serdang Bedagai karena diperkirakan abad ke-17 tarian ini sudah dikenal masyarakat melayu Serdang Bedagai,” kata Kadis Poraparbud Serdang Bedagai, Sudarno, Kamis (5/12/2019).

Ia menjelaskan, tari Gobuk dimainkan saat seorang calon pengantin perempuan mendadak kemasukan ruh lelulur. Untuk memanggil ruh didalam tubuh perempuan tersebut, maka orangtua di perempuan akan memanggil dukun (orang pintar) dengan bantuan tarian Gobuk.
Halaman selanjutnya
Tags : Tari Gobuk Kerajaan Serdang Kerajaan Bedagai Poraparbud Serdang Bedagai Warisan Leluhur Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal Berita Serdang Bedagai

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi