Dengan DD, Pemdes Panyindangan Kulon Optimalkan Pembangunan

JABARNEWS | INDRAMAYU – Pemerintah Desa (Pemdes) Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, telah merealisasikan dana desa (DD) Tahun 2019 secara optimal. Besaran dana yang diterima direalisasikan untuk pembangunan diberbagai sektor, terutama peningkatan sarana prasarana infrastruktur desa.

Kepala Desa (Kuwu) Panyindangan Kulon Karto melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Wirnanto mengatakan, Pemdes Panyindangan Kulon telah merealisasikan seluruh anggaran dana desa tahun 2019.

“Anggaran Dana Desa tahun 2019, kami fokuskan untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur desa, diantaranya membangun Tembok Penahan Tanah (TPT), cor rabat beton, hotmix jalan desa dan pembangunan lainnya yang tersebar dibeberapa lokasi,” kata Wirnanto, kepada Jabarnews.com, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga:  Ramaikan Olahraga Rekreasi, Ribuan Pemancing dari 13 Daerah Bakal Serbu Waduk Saguling

Menurutnya, peningkatan jalan lingkungan yang sudah dikerjakan ini, mulai dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, pasalnya, kondisi jalan-jalan tersebut sebelumnya sudah rusak parah dan memerlukan pembangunan.

“Jalan yang sebelumnya becek apabila musim hujan kini kondisinya sudah semakin baik sehingga bisa memperlancar akses transfortasi warga,” katanya.

Ia menambahkan, dalam setiap pelaksanaan kegiatan desa, dikerjakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat desa sendiri sebagai bentuk pemberdayaan.

Selain untuk pembangunan fisik, lanjut wirnanto, dana desa juga digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, antara lain, pelatihan usaha produktif (Home Industri) dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada seperti pelatihan pembuatan keripik dan pelatihan cara berternak bebek, jelasnya.

Baca Juga:  Fakta di Balik Penemuan Kerangka Ibu dan Anak di Kota Depok

Sementara, Dana Desa (DD) tahap tiga yang baru diterima desanya, dimanfaatkan untuk pembangunan cor rabat beton dan normalisasi saluran air dan pekerjaanya saat ini masih berjalan.

“Panjang jalan yang di cor beton seluruhnya 635 meter dengan lebar 1,2 meter dan tinggi 10 cm,” terangnya.

Selain pembangunan infrastruktur jalan, lanjutnya, dana desa tahap tiga akan digunakan untuk memperbaiki beberapa rumah warga yang kondisinya tidak layak huni dan membangun MCK atau jamban bagi warga yang belum memilki jamban.

Baca Juga:  Mobil Molen Masuk Jurang di Purwakarta, Ini Diduga Penyebabnya

“Ada lima unit rumah yang kami bangun dengan menggunakan dana desa dan membangun sepuluh jamban bagi warga yang belum memiliki jamban,” imbuhnya.

Dengan apa yang dilakukan oleh Pemdes Panyindangan Kulon ini, Wirnanto berharap, desanya bisa sejajar dengan desa lainnya yang ada di Kecamatan Sindang.

“Selama kepemimpinan Kuwu Karto banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat dan setiap pembangunan yang sudah dilaksanakan merupakan skala prioritas yang sudah dimusyawarahkan sebelumnya dengan masyarakat melalui Musrenbangdes”, pungkasnya. (Dis)