PT KAI Kerahkan Ratusan Personel Perbaiki Jalur Akibat Longsor

JABARNEWS | SUKABUMI – PT KAI mengerahkan 200 personel untuk memperbaiki rel Kereta Api (KA) Pangrango jurusan Sukabumi-Bogor maupun sebaliknya di Kampung Cicewol, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya antara stasiun Parung Kuda-Cicurug di KM 28+2/3, yang tergerus longsor.

Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan selain mengerahkan personel untuk perbaikan jalur perlintasan KA Pangrango, PT KAI pun menerjunkan sejumlah alat berat untuk mempercepat dan mempermudah perbaikan agar pelayanan transportasi massal ini bisa kembali normal.

Baca Juga:  Tol Palikanci Cirebon Mulai Dilalui Kendaraan Arus Balik Mudik Lebaran

“Ratusan personel yang kami kerahkan untuk memperbaiki perlintasan KA di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug ini untuk memaksimalkan penanganan longsor sepanjang sekitar 15 meter,” ujar Eva Chairunisa, Sabtu (07/12/2019).

Hingga saat ini perbaikan masih dilakukan seperti pembuatan konstruksi penyangga pemadatan tanah di lokasi longsor serta pengerukan lumpur menggunakan ekskavator di lokasi bencana.

Selain itu, material berupa pilar penyangga, bantalan kayu, rel baja untuk penguat jalur dan batu balas pun telah disiapkan. Dalam upaya perbaikan ini pihaknya juga berkoordinasi dengan Satuan Kerja Direktorat Jendral Kereta Api Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:  Helmi Budiman Tegaskan akan Perbaiki Akses Jalan Wisata di Garut

PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya untuk meminimalisir gangguan perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi melalui sejumlah upaya pada proses perbaikan agar dapat segera selesai dan jalur dapat kembali dioperasikan untuk pelayanan.

“Akibat longsor ini seluruh perjalanan KA Pangrango baik dari Sukabumi menuju Bogor maupun sebaliknya dibatalkan dan kepada calon penumpang kami meminta maaf atas gangguan ini,” tambahnya.

Baca Juga:  Tak Habis Pikir, Ternyata Ini Awal Munculnya Ide Ayah Potong Kemaluan Anak di Tasikmalaya

Sebelumnya, jalur KA Sukabumi-Bogor antara stasiun Parung Kuda-Cicurug di KM 28+2/3 tepatnya di Kampung Cicewol, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi tergerus longsor pada Jumat, (6/12) sekitar pukul 20.30 WIB yang mengakibatkan jalur anjlok.

Meskipun tidak ada korban jiwa pada peristiwa bencana ini tetapi, bencana ini mengakibatkan pelayanan transportasi umum massal iini terganggu dan seluruh jadwal perjalanan KA Pangrango pada Sabtu, (7/11) dibatalkan. (Ara)