Peringati Hari Disabilitas, Kemensos Ajak Ribuan Penyandang Jalan Sehat

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam memeringati Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2019, menggelar jalan sehat bersama 1.000 penyandang disabilitas.

Menurut Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari P. Batubara, mengatakan selain untuk memeringati Hari Disabilitas Internasional, acara tersebut untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat terhadap penyandang disabilitas, bahwa masih banyak saudara-saudara disabilitas yang membutuhkan perlakuan yang setara dengan masyarakat.

“Hari ini kita berjalan sehat, berolahraga dengan teman-teman disabilitas dalam rangkaian memeringati Hari Disabilitas Internasional,” ujar Juliari, Minggu (1/12/2019).

Baca Juga:  Bupati dan Ratusan Masyarakat Sergai Salat Idul Adha di Masjid Agung

Sementara menurut Dani Aditya, salah satu penyandang disabilitas yang menampilkan stand-up comedy di afara itu, mengatakan dirinya sangat senang dengan acara peringatan tersebut.

Sebagai penyandang tunadaksa yang memiliki banyak talenta, Dani, dalam pesannya, ingin diperlakukan sama dengan orang-orang normal pada umumnya.

“Saya ingin dianggap seperti anak normal. Saya ingin juga tawuran. Tapi tidak ada yang ngajak tawuran,” katanya bergurau dalam pertunjukan stand-up yang ia tampilkan di hadapan para penyandang disabilitas lainnya.

Baca Juga:  KBRI Sampaikan Kabar Baik: Tak Ada WNI Korban Bencana Banjir di Pakistan

Seperti diketahui, Menteri Sosial Juliari P. Batubara bersama Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto mengajak 1.000 penyandang disabilitas, mulai dari tunarungu, tunanetra, tunawicara, tunadaksa dan banyak lainnya untuk jalan sehat di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta.

Baca Juga:  Terapkan Protokol Kesehatan di Angkutan Umum, Dishub Tasikmalaya Lakukan Ini

Mensos menyapa peserta dan memberi sambutan semangat kepada seluruh peserta penyandang disabilitas di depan FX Sudirman. Mensos juga melakukan pelepasan sekaligus jalan sehat bersama peserta gerak jalan sehat kelompok pertama dan kelompok kedua.

Kemudianacara dilanjutkan dengan pelepasan balon udara dan sejumlah hiburan yang dimeriahkan oleh para penyandang disabilitas. Hari Penyandang Disabilitas Internasional dirayakan pada setiap 3 Desember di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. (Ara)