Program Antik, Tiap Hari Bisa Kurangi Sampah Hinga Ratusan Ton

JABARNEWS | BOGOR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, menyebutkan setelah pemberlakuan Peraturan Bupati (Perbup) No 13 Tahun 2019 tentang Bogor Asri Tanpa Plastik (Antik), volume sampah berkurang hingga 364 ton per hari.

Kepala DLH Kabupaten Bogor Panji Kstariyadji mengatakan sebelum pemberlakuan perbup pada 17 Agustus 2019, sampah di Kabupaten Bogor ada sebanyak 2.800 ton per hari. Saat ini volume sampahnya menyusut menjadi 2.436 ton per hari.

Baca Juga:  Seorang Pria Tanpa Identitas Tewas Tertabrak Kereta Api di Bekasi, Polisi Beberkan Hal Ini

“Dengan adanya Perbup Antik ini, sampah plastik di Kabupaten Bogor berkurang karena retail atau toko modern tidak lagi memberikan kantong plastik kepada konsumennya,” beber saat acara “Green and Clean III” di Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu.

Di samping membuat Perbup Bogor Antik, Bupati Bogor Ade Yasin juga menargetkan program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dapat diterapkan di 435 desa dan kelurahan Se-Kabupaten Bogor, atau minimal satu desa memiliki satu KRL.

Baca Juga:  Enam Santriwati yang Hanyut di Sungai Parsariran Tapanuli Selatan Ditemukan Tewas

“Saya instruksikan kepada camat Kabupaten Bogor untuk menciptakan KRL minimal satu desa satu KRL, sehingga permasalahan lingkungan khususnya permasalahan sampah akan segera terselesaikan,” katanya.

Baca Juga:  H-30 Pilkada 2020, Ini Penilaian Pangdam Siliwangi Soal Kondisi Keamanan

Ia mengatakan penyusutan timbunan sampah itu juga dipengaruhi oleh beberapa program penanganan sampah lainnya, seperti , Eco Village, dan Bank Sampah yang sudah diberlakukan lebih dulu.

“Semakin tahun masyarakat semakin sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup, contoh dari awalnya jumlah KRL hanya ada sembilan, saat ini jumlahnya sudah mencapai 223 KRL,” bebernya. (Ara)