Puluhan Pelaku UKM di Tasik Kenalkan Prodak Kreatif

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Sebanyak 20 Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) unggulan dari 6 Kabupaten/Kota di Wilayah Priangan, turut memamerkan hasil prodak kreatifit pada acara Priangan Weekend Market di Mall Asia Plaza Kota Tasikmalaya, Minggu (8/12/19).

Pemda Provinsi Jabar melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) sudah banyak membantu dan akan terus mendorong UKM untuk mendaftarkan hak paten di Kabupaten/Kota.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Rabu 30 November 2022

Wakil Ketua Dewan Kerajinan Dekranasda Peovinsi Jabar, Lina Marlina Ruzhan mengatakan bahwa belum masifnya pendaftaran hak paten dari UKM Jabar dipicu karena sulitnya proses mendapatkan hak paten produk.

“Pihaknya siap membantu pelaku UKM dalam mendaftarkan hak paten,” ujar Lina Minggu (8/12/19).

Sementara salah satu Pelaku UKM Kerajinan hasil olahan kayu, Usep Suherlan mengatakan, berawal dari sebuah hobi membuat kerajinan dari sisa-sisa kayu yang tidak terpakai, ia memulai rintisan usahanya baru berjalan 2 tahun.

Baca Juga:  Tunggu Pembeli di Kos-Kosan, Pengedar Sabu Tebing Tinggi di Tangkap

“Awalnya bikin kerajinan hasil olahan kayu ini hanya hobi aja, namun lama-kelamaan hobi ini telah menjadi bisnis sampingan yang menggiurkan,” katanya Usep kepada Jabarnews.com, Minggu Malam (8/12/19).

Usep menuturkan, kerajinan hasil olahan dari kayu jati, tisu dan pinus tersebut dibuat menjadi kerajinan tempat tisu, pot bunga, cermin, hiasan tv, kaligrafi, dan aksesoris lainnya.

Baca Juga:  Ternyata, Pembawa Bendera HTI Saat Hari Santri Nasional Di Garut Adalah ...

Pria yang berprofesi sebagai desain interior tersebut mengaku, dari menekuni hasil kerajinan dari hasil olahan kayu tersebut dapat mengantongi keuntungan Rp. 5 sampai Rp. 10 Juta perbulan.

“Pemasarannya pun sudah meluas ke berbagai wilayah, dan pernah ke Pulau Batam.

Dengan demikian menurutnya, dengan adanya gelaran produk tersebut, Usep berharap hasil kerajinan olahan kayu dapat terkenal keseluruh penjuru Indonesia. (CR1)