Pilkades Rancagoong Cianjur, Mulai Masuk Tahapan Pendaftaran

JABARNEWS | CIANJUR – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020-2026 di Kabupaten Cianjur sudah dimulai. Bakal Calon (Balon) di Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku sudah mengikuti sejumlah tahapan pendaptaran.

Panitia Pilkades Desa Rancagoong, Muhammad Ikhsan, mengatakan dalam pendaftaran calon kepala desa, akan dilakukan tahapan penyeleksian bila lebih dari lima peserta bekerjasama dengan Universitas Suryakencana (Unsur).

“Ya, kemungkinan, ada dua balon nanti yang jadi lulus atau lima nanti. Tapi lihat saja nanti bagaimana,” ujar Ikhsan Minggu (09/12/2019)

Ia menambahkan, ada sekitar delapan balon akan mendaftar di wilayahnya dan para calon tersebut akan menyusut paling banyak menjadi loma orang peserta calon kepala desa.

Baca Juga:  Ada 122 Gempa Susulan di Cianjur, Menko PMK Minta Masyarakat Tidak Panik: Sudah Melemah

“Berharap pesta demokrasi Pilkades di Desa Rancagoong aman, tertib, lancar dan kondusif sesuai apa diharapkan,” ujarnya.

Pupularitas dari sosok wakil masyarakat ersebut sudah muncul, yangg kemungkinan akan mengikuti pesta rakyat tersebut. Diantaranya H Bambang Eko irawan, Asep Nurhidayat, Dede Parhan, Iwan Resna, Suwarna, dan Asep Saepul Bahri.

Seperti halnya, salah satu bakal calon pertama kali yang mendaftar H Bambang Eko Iriawan. Ditemani rombongan keluarga besar, tetangga, dan tim suksesnya, diiringi dengan doa sholawatan saat berjalan menuju kantor Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Baca Juga:  Jadwal Tayang Film di Bioskop CGV Kota Bandung Hari Ini

Menurut seorang tim sukses balon Kades Rancagoong, Taufik Akbar (40) memaparkan, ingin menjadikan Desa Rancagoong yang lebih adil, maju sejahtera bermartabat serta berahlakul karimah. Memanfaatkan bidang pertanian, dan pelaku ekonomi masyarakat, agar perekonomian masyarakat bisa berkembang.

“Nah, untuk prioritas Dana Desa (DD) tetap mengacu pada aturan Kementrian Desa (Kemendes),” ujarnya.

Selain itu, diharapnya jika kandidat yang di usungnya terpilih, selain bisa menyelesaikan pembangunan juga haru memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM),

“Menggerakan perekonomian desa, seperti dengan mengadakan pelatihan bagi pelaku usaha juga memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku usaha melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan Sumber Daya Alam (SDA),” ujarnya.

Baca Juga:  Banjir di Tebing Tinggi Rendam Puluhan Rumah, Air Berasal dari Luapan Sungai Padang

Menurutnya, semoga H Eko terpilih dan bisa merealisasikan programnya sesuai dengan visi misinya, dengan memanfaatkan DD sebagai anggaran yang bisa dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat.

“Melibatkan semua unsur lembaga desa dan masyarakat,” pinta Taufik.

Sementara itu, menurut balon Kades Rancagoong, H Bambang Eko mengatakan, intinya sesuai dengan visi misi siap memperjuangkan dan memfasilitasi warga.

“Bisa melayani dan mengayomi seluruh warga. Agar terwujudnya Desa Rancagoong adil, maju dan sejahtera” unkapnya.

“Selain itu, bermartabat dan berakhakulkarimah,” ucap dan singkatnya. (CR2)