Harapan Plt Bupati Cianjur di Hari Bakti PU Ke-74

JABARNEWS | CIANJUR – Dalam peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke 74 di tahun 2019 ini, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman berharap, agar pemerintah dan masyarakat bersinergi.

Salah satunya bersinergi untuk bisa menjaga kondisi, dan kualitas infrastruktur jalan, baik yang sudah dibangun maupun akan direncanakan secara kontinyu.

“Mengenai infrastruktur jalan di Cianjur, saat ini sudah mencapai sekitar 60 persen atau sekitar 780 kilometer dari total sepanjang 1.300 kilometer,” katanya saat menghadiri peringatan Hari Bakti PU ke-74 di halaman kantor Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga:  Wabah Difteri Merebak, Dinkes Garut Periksa Puluhan Orang

Bupati menargetkan, Pemkab Cianjur setiap tahun bisa meningkatkan kondisi jalan mantap rata-rata lima persen. Dan pastinya harus diimbangi kemampuan anggaran, yang dialokasikan untuk pembangunan, perbaikan, maupun peningkatan jalan.

“Maka itu partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kualitas infrastruktur jalan yang sudah dibenahi,” kata Herman.

Herman pun berharap, masyarakat untuk ikut memelihara, bukan hanya dilakukan pemerintah saja. Sehingga nanti pemerintah berkonsentrasi untuk membangun. Untuk pemeliharaannya ada keterlibatan semua pihak.

“Termasuk juga infrastruktur irigasi yang menjadi bagian dari PU,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Dodi Permadi meminta jajaran Dinas PUPR bisa mengimplementasikan visi dan misi Kabupaten Cianjur. Satu di antaranya mensejahterakan masyarakat, melalui pembangunan infrastruktur.

Baca Juga:  PPKM Diperpanjang Sampai 16 Agustus, Mal di Bandung Boleh Buka

“Insya Allah akan lebih baik lagi kalau kita kerja keras dan kompak,” ujarnya.

Dodi mengakui masih terdapat infrastruktur jalan di Kabupaten Cianjur kondisinya dikategorikan rusak dan rusak berat.

Hingga akhir tahun ini, kondisi jalan rusak di Cianjur berada di kisaran 40 persen atau sekitar 520 kilometer dengan kategorinya rusak dan rusak berat. Lalu, untuk jalan mantap sudah 60 persen, hingga akhir tahun ini.

Baca Juga:  Indeks Kesehatan Kota Bandung di Atas Jabar, Yana Mulyana Bilang Begini

“Kami targetkan perbaikan infrastruktur jalan kisaran lima persen setiap tahun,” terangnya.

Terpisah, Kepala Bidang Preservasi Jalan Dinas PUPR Kabupaten Cianjur Didi Sunardi mengatakan, di Hari Bakti PU di Kabupaten Cianjur diisi berbagai kegiatan bersifat sosial. Di antaranya donor darah serta aksi penanaman pohon serta beberapa perlombaan yang diikuti oleh OPD lain.

“Sesuai dengan program kerja Pemkab Cianjur melalui Dinas PUPR tentu berupaya, akan semaksimal agar terus melakukan perbaikan pembangunan, dan peningkatan jalan terus dilaksanakan secara bertahap,” ujarnya. (CR2)