Preview Timnas Indonesia vs Vietnam, Laga Final SEA Games 2019

JABARNEWS | BANDUNG – Laga Final SEA Games 2019, Timnas U-22 Indonasia akan melawan Vienam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019), pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB. Pertandingan tersebut kental dengan nuansa adu strategi.

Adu taktik tersebut sudah terasa sejak pertemuan pertama Indonesia dan Vietnam di Grup SEA Games 2019, Minggu (1/12), di mana Indonesia kalah 1-2 setelah pelatih Vietnam Park Hang Seo dengan jitu mematahkan konsep bermain pelatih Indra Sjafri di babak kedua.

Ketika itu, saat melawwan Vietnam, Indra menggunakan taktik yang sama saat menundukkan Thailand dan Singapura di pertandingan sebelumnya yakni bertahan dalam (deep defending), lalu melakukan serangan balik cepat memanfaatkan lesatan dari sisi sayap.

Baca Juga:  Mental Pemain Persib Diuji, Luis Milla: Pemain Harus Tetap Semangat

Saat strategi deep defending Indonesia tiba, juru taktik asal Korea Selatan itu langsung menutup sisi sayap dengan ketat dan bermain dengan umpan-umpan pendek akurat demi mengurung Indonesia di pertahanannya sendiri.

Hasilnya, skuat Garuda Muda yang unggul 1-0 sejak babak pertama, kalah 1-2 setelah Vietnam mencetak dua gol di paruh kedua.

Baca Juga:  Persib Bandung Tau Cara Hadapi Bali United

Di final sepak bola putra SEA Games 2019, timnas U-22 Indonesia sangat berpotensi menelan kekalahan jika menerapkan strategi yang serupa.

Menghadapi tim sekelas Vietnam, taktik garis pertahanan rendah dapat menjadi bumerang yang melukai diri sendiri.

Selain itu, pelatih asal Sumatera Barat tersebut juga bisa saja membuka opsi untuk menyerang dari tengah dan melakukan tendangan jarak jauh. Pemain-pemain seperti Evan Dimas dan Zulfiandi memiliki kualitas operan dan sepakan yang bagus untuk menunaikan tugas tersebut.

Lagipula, Vietnam sudah menyadari bahwa Indonesia sangat bergantung pada serangan dari sisi sayap.

Baca Juga:  Tiga Pemain muda Persib di Panggilan Timnas Indonesia

“Indonesia membuat 17 gol di fase grup SEA Games ini, di mana 70-80 persen di antaranya bersumber dari pergerakan di sayap kanan dan kiri. Itu menjadi salah satu perhatian kami dalam persiapan untuk laga final,” kata Park Hang Seo.

Artinya, tanpa ada kreativitas taktik dari Indra, Vietnam akan mampu menyulitkan Indonesia sepanjang pertandingan. Apalagi Vietnam memiliki dua penyerang paling berbahaya di SEA Games 2019, Ha Duc Chinh dan Nguyen Tien Linh. (Ara)