397 Peristiwa Kebakaran Terjadi di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ratusan peristiwa kebakaran hingga bencana alam terjadi di sepanjang tahun 2019 di Kabupaten Purwakarta. Peristiwa kebakaran menjadi angka tertinggi dengan angka mencapai 397 kejadian atau setara 69% dari total kejadian bencana sepanjang tahun ini.

Menurut, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, sepanjang 2019 peristiwa kebakaran paling sering terjadi dengan frekuensi mencapai 397 kejadian atau setara 69% dari total kejadian bencana sepanjang tahun.

Baca Juga:  Dampak Cuaca Buruk Jaringan Listrik di Ciamis Mati

“Kebakaran paling tinggi berada di Kecamatan Purwakarta Kota sebanyak 70 kali kejadian” ungkap Pria yang akrab disapa Wibi itu, Selasa (10/12/2019).

Peristiwa lain juga terjadi di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta seperti tanah longsor dan angin puting beliung.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini, Selasa 20 September 2022

“Hingga saat ini, tanah longsor terjadi sebanyak 27 kali sementara angin puting beliung 9 kali” jelasnya.

Data tersebut, lanjut dia, merupakan angka berjalan mengingat belum genap satu tahun. Bukan tidak mungkin, peristiwa bencana alam bisa saja kembali terjadi, terlebih saat ini mulai memasuki musim penghujan.

Baca Juga:  Brantas Knalpot Brong, Polres Purwakarta Datangi Bengkel Motor

Meski begitu, Dirinya berharap bencana alam tidak terjadi meski sejumlah wilayah di Purwakarta masuk ke dalam kategori rawan longsor dan angin puting beliung.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada dan mengantisipasi supaya dampak dari bencana alam bisa diminimalisasi,” pungkasnya. (Gin)