Galian C Ilegal di Garut, ESDM Jabar: Hentikan Jika Tidak Berizin

Ada 12 izin usaha pertambangan di Garut.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Hendy Jatnika, Kepala Dinas ESDM, Bambang Tirtoyuliono, Kepala Dinas Kehutanan, Ir. Epi Kustiawan, saat acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Bandung, (10/12/2019). (Foto: Rian/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono angkat bicara terkait adanya tambang galian C di Desa Ciburial, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut aktivitasnya diduga tidak sesuai dengan izin yang telah dikantongi perusahaan CV. Cahaya Periangan.

Bambang mengatakan perusahaan galian C yang diduga ilegal tersebut awalnya dilaporkan warga sekitar.

Baca Juga:

Aktivitas Penambangan Ilegal di Garut Diberhentikan Polisi

Polres Garut Siap Tindak Penambangan Pasir Ilegal



"Ceritanya memang ada pengaduan dari masyarakat yang keberatan dengan adanya usaha pertambangan di Leles," kata Bambang usai acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Bandung, (10/12/2019).

Menurut Bambang, pengaduan itu pun sudah sampai ke DPD RI, tentunya DPD RI ini seharus menindaklanjuti bahwa pemegang izin usaha pertambangan ini secara teknis, secara administratif udah memenuhi kriteria untukĀ  bisa dilakukan perpanjangan.

"Jadi, sebetulnya bersangkutan itu sudah mengantongi izin usaha pertambangan yang dulu diterbitkan oleh Kabupaten Garut. Sekali lagi saya sampaikan disini bahwa kita tidak saling nyalahkan, tapi yang pasti bahwa menurut Undang-Undang 23, lewat kewenangan untuk mengelola pertambangan itu adalah kewenangan provinsi, kita rapihkan itu semua. Jadi, di Kabupaten Garut itu ada 12 izin. Ini sudah kita rapihkan," ucapnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Dinas ESDM Jabar Galian C Ilegal Penambangan Ilegal Izin Usaha Produksi Jabar Punya Informasi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Dinas ESDM Jabar gelar Rapat Stakeholder Bahas Kasus PT MSS

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi