Seni dan Budaya Pesisir Utara Jabar Pukau Emil

JABARNEW | INDRAMAYU – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merasa terpukau saat melihat budaya dan kesenian dari pesisir utara Jawa Barat khususnya budaya dan kesenian khas dari Kabupaten Indramayu. Betapa tidak, Pagelaran kesenian yang di inisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat itu menghadirkan beberapa budaya dan kesenian asli Kabupaten Indramayu seperti kesenian wayang cepak, wayang potel, tari topeng dan kesenian dan budaya lainnya.

Ridwan Kamil datang ke Indramayu untuk melihat gelaran Riksa Budaya Jawa Barat yang dipusatkan di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Rabu, (11/12/2019).

Baca Juga:  Anggaran 643 Rutilahu di Purwakarta Cair, Anne Ratna Mustika: Perbaikan Rampung Tahun Ini

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil berduet dengan dalang wayang potel Ibrahim Nawawi untuk menjelaskan program kerja Jabar Juara.

Kang emil sapaan akrab Gubernur Jawa Barat mengatakan, saat ini terdapat tiga jenis budaya yang ada di Jawa Barat yaitu budaya priangan, budaya sunda betawi, dan budaya pesisir utara. Dan dari masing-masing jenis budaya itu, keberadaannya saat ini tengah dikembangkan sebagai pusat budaya yang ada di beberapa daerah.

Baca Juga:  Klarifikasi Pelanggaran Prokes Setelah Disuntik Vaksin, Raffi Ahmad: Baru Selesai Makan

“Insya Allah pusat budaya pesisir akan segera dibangun di Indramayu,” tegas kang emil.

Menurutnya, Indramayu yang berada di daerah pesisir memiliki budaya khas yang ikut mewarnai khasanah budaya di Jawa Barat.

“Kita ingin Jawa Barat memiliki budaya sendiri, bukan budaya yang mirip apalagi meniru daerah lain. Semuanya memiliki khas masing-masing dan inilah yang menjadi kekayaan kita,” ungkapnya.

Sementara, Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, Pemkab Indramayu terus memberikan ruang untuk mengembangkan kebudyaan dan kesenian di Kabupaten Indramayu.

Baca Juga:  Pucuk Merah, Tanaman Hias Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Budaya dan kesenian pesisir Indramayu telah mewarnai perjalanan Jawa Barat, sehingga untuk masa yang akan datang kerjasama dan kolaborasi antara Indramayu dan Jawa Barat mutlak dilakukan.

“Kita akan terus lestarikan dan kembangkan aneka budaya dan kesenian yang ada di Indramayu ini dengan berkolaborasi dan kerjasama dengan Jawa Barat. Visi Indramayu Remaja siap untuk mewujudkan Jabar Juara,” tegas Taufik. (Dis)