Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah di Ciutara Sukabumi

JABARNEW | SUKABUMI – Bencana angin puting beliung menerjang puluhan rumah di Kampung Ciutara, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu (11/12/2019). Sebanyak 24 rumah milik warga rusak akibat kejadian tersebut.

Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan bencana alam terjadi karena hujan deras yang mengguyur sejak Rabu siang.

Baca Juga:  DPRD: Peran LPM Berdampak Luas Bagi Pembangunan Kota Bandung

“Sebanyak empat umah rusak unit berat dan masing 10 unit rusak sedang dan ringan. ujar Daeng, Rabu (11/12/2012).

Menurutnya, saat warga tengah berteduh di rumahnya angin puting beliung dengan cepat menerjang permukiman, kepanikan pun melanda karena mayoritas atap rumah warga berterbangan dihempas angin.

Baca Juga:  Giliran Bupati Subang Terkena OTT KPK

Tidak hanya itu, sejumlah pohon yang berada di sekitar permukiman warga pun tumbang dan menimpa rumah. Meskipun tidak ada korban jiwa pada kejadian bencana ini tetapi, kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta.

Hingga malam tadi, warga yang dibantu petugas pemerintahan tingkat kecamatan dan desa setempat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, relawan dan potensi SAR lainnya masih kerja bakti untuk membersihkan puing rumah warga yang berserakan.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta, Senin 25 April 2022

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug BPBD Kabupaten Sukabumi pun masih menyisir dan mendata di lokasi bencana.

“Bantuan darurat sudah mulai kami salurkan untuk warga yang menjadi korban bencana angin puting beliung ini dan sejumlah petugas pun masih membantu warga,” tambahnya. (Ara)