Pemkab Garut Siapkan Ratusan Ton Bibit Padi Gratis Untuk Petani

JABARNEWS | GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, menyiapkan 100 ton bibit padi unggul untuk dibagikan secara gratis kepada petani. Akibat lahan pertanian yang terdampak puso selama musim kemarau panjang 2019.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga menuturkan musim kemarau yang melanda Kabupaten Garut, menyebabkan lahan pertanian seluas tiga ribuan hektare menjadi kering, bahkan menyebabkan tanaman padi seluas 1.800 hektare gagal panen atau puso, sisanya rusak ringan.

Baca Juga:  Bambang Tirtoyuliono Dorong Partisipasi Pemilu 2024 di Kota Bandung Meningkat

“Para petani mengalami kerugian yang cukup besar, untuk itu pemerintah daerah menyiapkan anggaran untuk mengalokasikan 100 ton benih padi,” ujar Beni Rabu (11/12/2019)

Baca Juga:  Soal Ibadah di Tengan Pandemi, Oded Minta Warga Kota Bandung Mengerti Situasi

Ia menyampaikan, petani yang mendapatkan bantuan itu sudah terlebih dahulu didata oleh petugas Unit Pelaksana Tugas Dinas Pertanian di masing-masing kecamatan.

Petani yang memenuhi kriteria penerima bantuan akan dikirimkan bantuan benih padi untuk meringankan beban biaya tanam saat memasuki musim hujan.

“Petani yang menerima bantuan itu sudah diverifikasi ke lapangan untuk memastikan terdampak kemarau,” katanya.

Baca Juga:  Pantau Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok, Polres Purwakarta Terjunkan Personel ke Pasar

Terkait kemarau berdampak pada turunnya produksi padi, Beni membenarkan, tetapi tidak mengganggu kebutuhan beras masyarakat di Garut, karena luas lahan yang terdampak cukup sedikit dari luas tanam total 92 ribu hektare. (Ara)