Jokowi Resmikan Pelepasan Ekspor Perdana Isuzu Traga

JABARNEWS | KARAWANG – Presiden Joko Widodo meresmikan pelepasan ekspor perdana Isuzu Traga di Isuzu Karawang Plant, pada Kamis (12/12/19) di Kabupaten Karawang. Menargetkan ekspor kendaraan Indonesia mencapai 1 juta unit pada 2024 mendatang.

“Ekspor otomotif Indonesia saat ini tercatat 300 ribu unit, saya minta kepada seluruh keluarga besar otomotif, tahun 2024 minimal 1 juta unit harus keluar dari Indonesia. Jangan membayangkan tidak bisa, kita selalu pesimis menghadapi angka-angka, tapi begitu direalisasikan ternyata bisa,” ujar Jokowi Kamis (12/12/19)

Baca Juga:  Rumah Sakit Dustira Cimahi Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

Jokowi menyatakan, jika target ekpor kendaraan pada 2024 terealisasi, maka neraca perdagangan Indonesia dalam lima tahun kedepan akan membaik. Selain itu, menurut Presiden, Indonesia dapat menjadi production hub otomotif.

Baca Juga:  IPDN Buka Seleksi Penerimaan Calon Praja 2020, Catat Tanggalnya

“Defisit neraca perdagangan bisa diatasi dalam 5 tahun kedepan. Sehingga kedepan negara kita bisa jadi production hub otomotif untuk di ekspor ke semua negara. Itulah target yang ingin kita capai dan saya lihat peluang itu terbuka lebar,” ucapnya.

Baca Juga:  Pagar Nusa Sindir Bansos Non Tunai Sebagai Pemborosan

Pada tahap awal, 120 unit Isuzu Traga diekspor ke Filipina. Ditargetkan pada tahun depan, truk pikap multifungsi tersebut masuk ke-20 negara, seperti Afrika dan Asia Timur.

“Kembali saya ingin menegaskan bahwa fokus kerja pemerintah sekarang adalah mengurangi impor dan meningkatkan ekspor, itulah alasan saya kenapa mau datang kesini,” tutupnya. (Rnu)