PT Aquafarm Nusantara Ekspor Sisik Ikan Tilapia Ke Jerman

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – PT Aquafarm Nusantara terletak di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera utara, bukan hanya pengekspor daging ikan tilapia ke mancanegara.

Ternyata sisik ikan tilapia juga di ekspor ke mancanegara seperti Jerman, Thailand, Korea dan Jepang sebagai bahan kosmetik, bahan tas, ikan pinggang dan kerupuk.

“Selain daging ikan, PT Aquafarm juga ekspor sisik ikan tilapia,” kata Country Factory Manager PT Aquafarm Nusantara, Joko Suhendro didampingi External Affairs Senior Manager, Kasan Mulyono, Kamis sore (12/12/2019).

Baca Juga:  Pengendara Motor Tergeletak Mengeluarkan Darah Dari Mulut, Jadi Tontonan Warga

Ia menjelaskan, sisik ikan telah dipisahkan dari kulit kemudian dicuci penggunakan air biasa, setelah bersih sisik ikan kemudian dijemur di alam terbuka dengan panas mencapai 32 sampai 35 derajat agar kulit ikan kering.

Baca Juga:  Redam Covid-19, Pelindo II Tutup Sementara Tiga Terminal Pelabuhan

“Sisik ikan dicuci dengan air biasa tanpa adanya zat kimia sehingga sisik ikan akan di ekspor bebas dari zat berbahaya,” ucapnya.

Menurutnya, ikan tilapia setelah diproses untuk mengambilan daging, kulit ikan dilepas dari daging kemudian disisihkan untuk dilakukan proses pengeringan dengan manual.

“Satu ekor ikan tilapia mendapat sisik ikan sebanyak 0,5 persen,” kata Joko.

Baca Juga:  Ketua DPRD Bogor Positif Covid-19, 32 Wartawan Jalani Swab Tes

Dikatakannya, setelah dilakukan proses pengeringan selama 3 sampai 4 hari, sisik ikan kemudian dikumpul untuk proses pemilihan yang kondisi baik setelah itu disimpan dalam karung untuk di ekspor ke mancanegara.

“Sementara ini penjemuran dilakukan secara manual, namun ke depan pengeringan sisik ikan akan menggunakan mesin agar kualitasnya lebih baik,” jelasnya. (CR3)