aqua

Penuhi Ekspor, Pengrajin Keramik Plered Terus Lakukan Inovasi

Untuk tahun 2019 ini, sebanyak 56 kontener sudah dikirimkan ke luar negri.

Kepala UPTD Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Keramik Plered, Mumun Maemunah (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Kepala UPTD Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Keramik Plered, Mumun Maemunah, mengatakan untuk memenuhi permintaan pasar dan mengikuti trend, pengrajin keramik/gerabah di Purwakarta terus melakukan berbagai inovasi.

"Selain desain bentuk, pengrajin juga terus berinovasi dalam teknik pewarnaan dan finishing terlebih untuk keramik dengan target pemasaran ke luar negri atau untuk di export," ujar Maemunah, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga:

Wapres Ma'ruf Amin Sebut 5 Kategori Pelaku Radikalisme, Apa Saja?

Bupati Sukabumi: Penanaman Investasi Beralih ke Pariwisata dan Pertanian



Ia mengungkapkan, untuk melakukan inovasi tersebut selain keluar dari ide-ide kreatif pengrajin, tak jarang pihaknya bersama Kementrian Perindustrian (Kemenperin) turun langsung memberikan pendampingan untuk melakukan sejumlah inovasi tersebut.

"Bisa dibilang setiap waktu, inovasi itu memang harus dilakukan karena kita harus mengikuti permintaan pasar juga, bahkan belum lama ini dari Kemenperin pun datang langsung ke pengrajin melakukan pendampingan atau bimbingan untuk membuat inovasi baru, seperti dalam teknik pewarnaan keramik yang saat ini dimintai pasar" ungkap Mumun.

Meski begitu, lanjut dia, pihak nya tidak bisa intervensi terkait inovasi desain atau pewarnaan kepada pengrajin. Selain menyangkut soal seni, pengrajin pun punya pasar terdendiri dan komunikasi pesanan desain hingga pewarnaan pun langsung ke pengrajin.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kepala UPTD Purwakarta Keramik Plered Ekspor Keramik Plered Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Musim Hujan, Pengunjung Wisata Puncak Cianjur Turun

Seni Kuda Lumping Panggeuing Ati Tasikmalaya Gelar Aksi Sosial

Belajar di Kantor Desa, Siswa SD Malangnengah Ngeluh Tidak Fokus

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi