Penuhi Ekspor, Pengrajin Keramik Plered Terus Lakukan Inovasi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepala UPTD Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Keramik Plered, Mumun Maemunah, mengatakan untuk memenuhi permintaan pasar dan mengikuti trend, pengrajin keramik/gerabah di Purwakarta terus melakukan berbagai inovasi.

“Selain desain bentuk, pengrajin juga terus berinovasi dalam teknik pewarnaan dan finishing terlebih untuk keramik dengan target pemasaran ke luar negri atau untuk di export,” ujar Maemunah, Kamis (12/12/2019).

Ia mengungkapkan, untuk melakukan inovasi tersebut selain keluar dari ide-ide kreatif pengrajin, tak jarang pihaknya bersama Kementrian Perindustrian (Kemenperin) turun langsung memberikan pendampingan untuk melakukan sejumlah inovasi tersebut.

Baca Juga:  Sesalkan Pencopotan Kapolres, Ade Yasin Akan Penuhi Panggilan Polda Jabar Soal Megamendung

“Bisa dibilang setiap waktu, inovasi itu memang harus dilakukan karena kita harus mengikuti permintaan pasar juga, bahkan belum lama ini dari Kemenperin pun datang langsung ke pengrajin melakukan pendampingan atau bimbingan untuk membuat inovasi baru, seperti dalam teknik pewarnaan keramik yang saat ini dimintai pasar” ungkap Mumun.

Meski begitu, lanjut dia, pihak nya tidak bisa intervensi terkait inovasi desain atau pewarnaan kepada pengrajin. Selain menyangkut soal seni, pengrajin pun punya pasar terdendiri dan komunikasi pesanan desain hingga pewarnaan pun langsung ke pengrajin.

“Jadi sipatnya pemerintah dalam hal ini kami di UPTD Litbang Keramik hanya sebatas pendampingan dan pasilitator, adapun itu terkait desain yang dibutuhkan pasar, terkadang pengrajin itu lebih tau karena banyak buyer di luar negri itu yang langsung komunikasi ke pengrajinnya” Jelasnya.

Baca Juga:  Demi Citarum Harum, Pj Bupati Cek Langsung KJA

Untuk mendaptkan buyer di luar negri, biasanya pengrajin mengikuti pameran keramik tingkat Nasional. Pada saat pameran tersebut, para buyer atau pun pengusaha bisa langsung menawar harga dan memesan produk pilihannya.

Meski begitu, UPTD Litbang Keramik pun gencar melakukan promosi di web resminya.

“Iya biasanya begitu, lewat pameran pengrajin bertemu buyer. Kaloupun ada yang melalui kita via Web biasanya kita arahkan ke para pengrajinnya langsung,” kata Mumun.

Baca Juga:  Kinerja DPRD Purwakarta Dinilai Tidak Transparan

Diketahui, selain untuk keperluan pasar lokal, Keramik Plered juga di ekspor ke sejumlah negara Eropa. Dan untuk di tahun 2019 ini, sebanyak 56 kontener sudah dikirimkan ke luar negri.

“Dari Januari hingga pertengahan Desember 2019 ini, sudah 56 Kontener yang kita kirim ke luar negri dan itu masih bertambah karena ada beberapa kontener belum diberangkatkan. Dan semoga pengrajin terus bisa mengikuti kebutuhan pasar dan meningkatkan produksinya” jelasnya. (Gin)