Ketua Persit 0619: Istri Tentara Harus Ikhlas dan Tangguh

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ketua Persatuan Isteri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Kodim 0619 Purwakarta, Febrilya Dian Kristiena Damayanti Nugroho meminta terhadap anggotanya agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab istri TNI dengan ikhlas.

“Istri harus ikhlas memberikan dukungan kepada suami yang bekerja sebagai abdi negara” ucapnya, Kamis (12/12/2019)

Ia menambahkan, karena tugas suami erat kaitannya dengan tugas istri sebagai pendampingnya, jangan sampai melakukan hal yang akan menghambat karier sang suami, bahkan mendatangkan mudarat bagi sang prajurit dan keluarganya.

Baca Juga:  DPRD Jabar Janji akan Sampaikan Aspirasi Kesejahteraan Buruh Hingga DPR RI

“Persit merupakan satu kesatuan yang saling mendukung dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan prajurit dan keluarganya. Ini harus dipedomani bersama. Jadi suami adalah pembina serta isteri mendukung suami dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai Prajurit TNI yang dilandasi oleh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit,” jelasnya.

Febrilya mengaku, memang tidak mudah menjadi isteri prajurit TNI, banyak suka dan dukanya. Terkadang persit harus menjadi benteng keluarga digaris belakang saat suaminya bertugas.

“Itulah pengabdian mulia seorang Persit yang secara tidak langsung juga merupakan pengabdian kepada bangsa dan negara dengan mendukung suaminya agar sukses melaksanakan tugasnya. Itulah kebanggaan menjadi Persit,” katanya.

Baca Juga:  Minimalisir Aksi Kriminal, Polisi di Purwakarta Lakukan Ini

Sebagai benteng keluarga, lanjut dia, persit juga harus kuat dan bijak dalam membentengi dirinya dan keluarga dari segala tantangan masa kini yang dapat menggagalkan tugas suami dalam menegakkan kedaulatan negara.

Mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

Baca Juga:  Mensos Risma Upayakan Pemulihan Trauma Healing Korban Gempa Cianjur

“Termasuk juga membantu suami dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga. Selain itu, anggota Persit juga harus bisa berinovasi melalui berbagai karya produktif,” ucapnya.

Ia juga minta, dalam menghadapi masa pensiun suami, anggota dan pengurus Persit harus sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

“Sehingga ketika memasuki masa pensiun sudah memiliki bidang usaha, baik usaha bidang kuliner maupun bidang lainnya yang bisa menjadi tambahan pundi bagi keluarga,” pungkasnya. (Gin)