Indonesia Hanya Miliki Serum Anti Bisa dari Tiga Jenis Ular

Ada 3 jenis anti-bisa yang tersedia di Indonesia adalah untuk ular kobra (Naja sputatrix), ular belang (Bungarus fasciatus), dan ular tanah (Agkistrodon rhodostoma).

Sejumlah anak ular kobra berhasil ditangkap petugas dari DPKPB Kabupaten Purwakarta di pemukiman warga. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Warga di beberapa daerah tengah dihebohkan dengan temuan anakan ular kobra. Meskipun masih anakan, ular kobra diketahui memiliki bisa berbahaya. Seberapa bahaya bisa ular kobra ini?

Gigitan ular kobra disebut sangat mematikan. Bisa ular king kobra mengandung racun yang menyerang sistem saraf manusia. Salah satu yang bisa menyelamatkan nyawa jika terkena bisa ular adalah dengan anti-bisa atau penangkalnya.

Baca Juga:

Petugas OB Dinas PUPR Depok Menjadi Korban Gigitan Ular Kobra

Heboh Ular Kobra, Pahami Cara Ampuh Mengusirnya Berikut Ini



Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia, dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, SpB, mengatakan bahwa serum atau anti-bisa yang umum digunakan di Indonesia produksi PT Bio Farma hanya untuk tiga jenis ular.

"Di kita tidak ada antidote bisa yang spesifik sesuai jenis ularnya. Cuma dibuat dari serum ular kobra sama tanah, jadi kalau ada gigitan ular eksotis jenis yang lain mungkin tidak kena," kata dr Wisnu.

Adapun 3 jenis anti-bisa yang tersedia di Indonesia adalah untuk ular kobra (Naja sputatrix), ular belang (Bungarus fasciatus), dan ular tanah (Agkistrodon rhodostoma).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Anak Ular Ular Kobra Teror Ular Warga Purwakarta Hantui Warga DPKPB Purwakarta Warga Kampung Baru Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Dalam Sebulan DPKPB Purwakarta Tangani 21 Kasus Ular

Marak Teror Ular, Ini Cara Antisipasi Ala DPKPB Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi