Pemkab Ciamis Miliki Mobil Damkar Baru

JABARNEWS | CIAMIS – Untuk memberikan responsif cepat dalam menangani terjadinya kebakaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis datangkan 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan 3 unit mobil tanki air khusus pengangkut cadangan air untuk mobil Damkar.

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengaku, sebelum adanya pengadaan mobil pemadam kebakaran di tahun 2019 tersebut, Pemkab Ciamis hanya memiliki 3 Unit pemadam kebakaran, namun hanya 2 unit yang dapat beroperasi.

“Dua unit mobil damkar yang ada belum sepenuhnya maksimal dalam menangani kebakaran, bahkan sering dibuat malu oleh masyarakat karena seringnya terlambat menangani kebakaran. Apalagi luas wilayah Ciamis memiliki luas sebanyak 27 Kecamatan, otomatis jarak tempuh pun lumayan cukup jauh, bahkan pemadam kebakaran sering terlambat ketika mendatangi lokasi kebakaran,” kata Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra usai mencoba mengendarai mobil damkar di Kantor Pemadam Kebakaran Ciamis, Jum’at (13/12/2019).

Baca Juga:  Sabtu 8 Juli 2023, SIM Keliling Purwakarta Ada Disini

Oleh sebab itu menurut H. Herdiat, dengan adanya 3 unit pemadam kebakaran dan 3 unit tanki air cadangan tersebut diharapkan dapat memberikan responsif maksimal dalam menangani masalah kebakaran. Sehingga sebelum api membesar, pemadam kebakaran tersebut sudah berhasil memadamkan api dengan selamat tanpa adanya kerusakan yang cukup parah.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Targetkan Menjadi Kota Layak Anak

Tiga unit mobil pemadam kebakaran yang berkapasitas mangangkut air sebanyak 4.000 liter dan mobil tanki air sebanyak 5.000 liter tersebut digunakan secara berpasangan ketika ada bencana kebakaran, sehingga mobil pemadam kebakaran tidak bulak balik mengambil dan mengisi air, karena sudah ada cadangan tanki air yang memasok 5.000 liter.

Baca Juga:  Hj. Kamilah Konsisten Pertahankan Rasa Asli Simping

“6 armada ini akan disebar dan di tempatkan di wilayah perkotaan Ciamis, Kecamatan Rancah dan Banjarsari, untuk tahun depan kita akan tambah 3 unit lagi, supaya semua dapar terjangkau,” ujar Bupati. (CR1)