Inilah Bahaya Pengendara Motor Pakai Jas Ponco Saat Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Saat hujan melanda, para pengguna sepeda motor biasanya akan menggunakan jas hujan untuk melindungi diri dari air hujan.

Untuk memudahkan pemakaian biasanya para pengendara lebih memilih jas hujan berbentuk ponco. Tapi, apa kalian tau kalau sebenarnya menggunakan jas hujan satu ini sangat berbahaya?

Ya, dibalik praktisnya pemakaian ternyata benda pelindung dari air hujan ini punya risiko juga. Buktinya banyak kecelakaan yang terjadi gara-gara jas hujan satu ini.

Tersangkut di rantai motor

Pengggunaannya yang cukup sederhana juga bentuk yang sangat panjang sampai menutupi kaki. Benda pelindung dari air hujan jenis ponco menjadi pilihan para pengendara untuk membelinya.

Baca Juga:  Megabintang David Beckham Kunjungi Semarang

Tapi di sisi lain ada bahaya yang mengintai yaitu bagian bawah jas hujan ponco yang menjuntai ke mana-mana. Dari hal itu bisa saja jas hujan tersangkut ke rantai motor, menyebabkan pengendara tertarik hingga menyebabkan kecelakaan.

Menutupi lampu bagian belakang

Jas hujan ponco sangat peka sekali terhadap hembusan angin. Terlebih lagi bagian belakang yang kerap kali bisa menutupi lampu belakang motor.

Baca Juga:  Cak Imin Roadshow Jabar, Momen Tepat Jelang Pilpres

Nah, inilah bahayanya. Jika pengemudi di belakang motor tak dapat melihat kita akan berbelok karena lampu tertutup jas hujan, maka besar kemungkinannya pengendara lainnya melakukan rem secara mendadak.

Kehilangan Keseimbangan

Jas hujan ponco ini memiliki desain lebar, ketika tertiup angin kencang dapat terutama pada bagian menimbulkan bahaya dan membuat pengendara mudah jatuh atau kehilangan keseimbangan. Pengendara lain juga bisa tersambar kibasan hujan.

Pengendara tetap basah

Jas hujan ponco ini walaupun praktis air hujan tidak terserap secara maksimal, sehingga mengakibatkan pengendara akan tetap basah. Walaupun kesannya praktis, tapi ternyata tak melindungi tubuh dengan baik.

Baca Juga:  Kode Redeem FF 1 Agustus 2022, Menangkan Hadiah Menarik dari Garena

Dari hal itu menyebabkan pengendara tak bisa berkonsentrasi mengemudi sepeda motor dan bisa saja terjadi kecelakaan.

Jadi itulah bahayanya memakai jas hujan ponco pada waktu berkendara. Bukan hanya berisiko bagi diri sendiri saja, tapi orang lain juga. Jadi lebih baik gunakan jas hujan yang berbentuk atasan dan celana saja supaya berkendara menjadi lebih aman. (Red)