PT Aquafarm Nusantara Sulap Kotoran Ikan Tilapia Jadi Pupuk

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Dalam rangka menjaga kelestarian air danau Toba PT Aquafarm Nusantara Regal Springs Indonesia mendaur ulang kotoran berasal dari ikan tilapia dalam kerambah jaring apung diperairan Danau Toba diolah menjadi pupuk.

“Kotoran ikan tilapia kita daur ulang menjadi pupuk,” kata Juan Carlos, Presiden Direktur Regal Springs Indonesia, Sabtu malam (14/12/2019).

Baca Juga:  Pangandaran Dilanda Gempa, Terasa hingga Tasikmalaya

Ia menjelaskan, seluruh kotoran berasal dari ikan tilapia di kerambah jaring apung di perairan Danau Toba ditampung dengan menggunakan terpal berada dibawa kerambah, kemudian diangkut ke darat menggunakan mesin penghisap.

Setelah itu kotoran disaring untuk memisahkan kandungan air dengan kotoran.

“Program uji coba sistim daur ulang ini dilakukan dalam menjaga kelestarian air Danau Toba,” ucapnya.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan dan Idulfitri, Pemprov Jabar Pastikan Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Aman

Juan menjelaskan, PT Aquafarm Nusantara terus mengembangkan solusi-solusi dalam mengoptimalkan sistem daur ulang ini agar bisa mencapai kinerja sistem yang paling efisien di masa mendatang.

“Kita juga memiliki 4 alat pemberi pakan ikan secara otomatis berteknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi pemberian pakan ikan dalam kerambah jaring apung,” jelasnya.

Sementara itu, External Affairs Senior Manager, Kasan Mulyono menambahkan, di tahun 2019 ini juga dicanangkan program peduli PT Aquafarm Nusantara Regal Springs Indonesia, yang merupakan program terpadu bantuan ke masyarakat secara langsung.

Baca Juga:  Masih Sering Terjadi Aksi Tak Senono di Ruang Publik Kota Bandung, Satpol PP: Masyarakat Harus Lapor

“Banyak bantuan diberikan PT Aquafarm Nusantara melalui program kami peduli, salah-satunya pupuk berasal dari kotoran ikan tilapia akan diserahkan ke petani-petani secara gratis,” tambah Kasan. (CR3)