Kawan Bhinneka Edukasikan Toleransi Agama pada Anak-anak Bandung

JABARNEWS | BANDUNG Kawan Bhinneka bersama PPIA University of Melbourne mengadakan kegiatan Setapak dalam rangka mengajarkan serta memberikan edukasi tentang toleransi beragama kepada anak-anak di Kota Bandung.

Co Founder Kawan Bhinneka, Adhia Rana mengatakan bahwa kegiatan Setapak ini dalam rangka menumbuhkan semangat toleransi untuk menciptakan suasana keharmonisan dan kerukunan suku, dan umat beragama.

“Di mana anak-anak yang sebelumnya mungkin belum pernah berteman, bermain dengan bebas bersama teman-teman yang latar belakangnya berbeda, bisa main bareng kayak gitu sederhana,” kata Adhia di NuArt Sculpture Park. Jl. Setraduta Raya Blok L 6, Bandung, Minggu (15/12/2019).

Baca Juga:  Masyarakat Kecamatan Purwakarta Serbu Bazar Ramadhan Pemkab

Ada sebanyak 39 anak-anak usia 9-11 tahun dari berbagai komunitas atau lembaga seperti Vihara Vimala Dharma, Komunitas Bhinneka, Pembinaan Anak-anak Salman, dan Panti Asuhan Nurusyifa yang mengikuti kegiatan Setapak ini.

Baca Juga:  Walikota Bandung Ucapkan Duka Pada Haringga Sirila

Menurut Adhia, anak-anak itu masih bisa dibentuk secara pemikiran, artinya setiap hal-hal yang bersifat positif ataupun negatif bisa diserap dan mempengaruhi pemikirannya.

“Kita mungkin gak bisa ngobrol hal negatif yang masuk ke tumbuh kembang mereka,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan Setapak ini dapat memberikan benih-benih positif dalam mengembangkan sikap toleransi khususnya toleransi beragama. Selain itu, ucap Adhea, anak-anak dapat secara pelan-pelan menghapus pemikiran diskriminasi yang secara tidak sengaja terpengaruhi oleh lingkungan ataupun media.

Baca Juga:  Atasi Dampak Pandemi, Gus Menteri Dorong Diversifikasi Usaha BUMDes

“Harapannya semoga adik-adik setelah keluar dari sini, mereka bisa menghilangkan prasangka tidak baik yang selama ini mungkin yang ada di kepala mereka,” tutupnya. (Rnu)