Tanpa Disadari Asupan Makanan Ini Sebabkan Dampak Buruk Terhadap Otak

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap organ tubuh akan berubah dan mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia, begitu pula dengan otak. Semakin bertambahnya usia, fungsi otak juga akan semakin menurun seperti kemampuan berpikir, mengingat, mental, dan sebagainya.

Dan sayangnya, penurunan fungsi kognitif ini tidak dapat dihindari, bahkan gaya hidup yang tidak sehat juga berpengaruh dalam mempercepat terjadinya masalah kognitif ini.

Tapi tahukah kamu, kalau makanan yang sering dimakan tidak hanya berdampak pada tubuh. Ternyata otak juga bisa terkena efeknya, bahkan bisa merusaknya.

Untuk menghindari hal ini, dikutip dari Welcome Organic, 4 asupan ini bisa bikin kesehatan otak kamu bermasalah.

1. Lemak trans

Meskipun tidak semua lemak buruk untuk kesehatan, tapi lemak trans justru memiliki efek yang bisa merugikan otak kamu. Lemak trans ini lebih sering ditemukan secara alami di dalam produk hewani seperti margarin, makanan cepat saji yang dipanggang, keripik, kerupuk, makanan beku, makanan kaleng, dan minuman krimer.

Baca Juga:  M.Iriawan Resmi Jadi Penjabat Gubernur Jabar

Jika sering mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, kamu akan lebih berisiko besar mengalami alzheimer dan demensia. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa mengkonsumsi asupan yang tinggi lemak trans bisa menyebabkan penurunan kognitif, membuat volume otak lebih rendah, dan kemampuan mengingat yang buruk.

2. Minuman manis

Berbagai minuman manis seperti soda, minuman berenergi, bahkan jus buah mengandung nilai gizi yang sedikit. Namun, jika rutin mengkonsumsinya dapat menyebabkan berbagai gangguan fisik, termasuk diabetes 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, bahkan alzheimer atau demensia.

Baca Juga:  Jarang Diketahui! Ini Dia Manfaat Orang Tua Menemani Anak Bermain

Pemanis yang biasanya mengandung fruktosa dengan kadar yang tinggi terbukti bisa mengurangi kemampuan belajar, daya ingat, fungsi otak secara keseluruhan, dan pembentukkan neuron baru di otak. Dan kamu tahu, terlalu banyak minuman manis juga bisa meningkatkan risiko peradangan otak hingga merusak fungsinya.

3. Makanan kemasan dan olahan instan

Nutrisi penting dari makanan kemasan atau olahan instan yang cepat saji ternyata malah tergantikan dengan gula, garam, dan lemak. Dengan banyak mengkonsumsi asupan seperti ini malah membuat lemak akan menumpuk di sekitar organ vital.

Jika ini terjadi, maka akan terjadi kerusakan pada jaringan otak dan pengurangan volumenya. Hal ini juga dapat menghalangi aliran darah ke membran otak yang bertanggung jawab untuk melindungi otak dari zat-zat berbahaya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Sagitarius, Kamu Lebih Suka Kebebasan

4. Makanan laut yang terkontaminasi merkuri

Makanan laut terutama ikan, umumnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ikan terkenal akan rendah lemak jenuh, namun mengandung asam lemak omega-3 serta vitamin B12, seng, zat besi, dan magnesium.

Namun, beberapa makanan laut ini justru mengandung merkuri tinggi, yaitu kontaminasi logam berat dan racun neurologis yang disimpan dalam waktu lama. Beberapa asupan itu seperti ikan mackerel, tuna, dan kerang, terutama kerang hijau. Hal ini dapat mengganggu kinerja dan neurotransmiter otak kamu.

Itu dia asupan makanan yang mengurangi kesehatan otak pada tubuhmu. Gimana, mudah kan menjaga otak senantiasa sehat? (Red)