Wajib Coba! Inilah Tanaman yang Harus Ada Dalam Kebun Sayur Kamu

JABARNEWS | BANDUNG – Memiliki kebun sendiri bagi kamu yang hobi bercocok tanam bisa menjadi suatu impian terbersarmu bukan? Kamu bisa mengubah taman mungil dirumah menjadi kebun sayur sederhana yang dapat diisi sesuka hati. Kamu bisa memilih sendiri tanaman apa yang ingin kamu miliki sampai konsep dekorasi taman kebun sayuran tersebut.

Selain menyalurkan hobi, berkebun sayur memiliki banyak manfaat. Mengurangi ongkos belanja adalah salah satunya. Hasil kebun sayur sendiri pun pastilah lebih segar karena memetik langsung saat hendak pakai.

Namun bagi masyarakat perkotaan, memiliki kebun sayur yang luas sangatlah sulit. Dengan kebun yang sempit, pastilah tanaman yang paling bermanfaat patut dipilih.

Berikut 7 tanaman sayur yang harus ditanam di kebun yang disarikan dari “Better Home and Garden”.

1. Tomat merah besar

Tomat merah besar menjadi salah satu tanaman wajib ada di kebun sayur. Tomat jenis ini merupakan sayuran yang sering ditemui sebagai pelengkap sandwich, burger, maupun beefsteak.

Tomat juga menjadi salah satu bumbu maupun bahan utama pada beragam jenis masakan nusantara, seperti dalam membuat sambal ataupun sebagai penghias hidangan. Dalam berkebun, tanaman tomat termasuk kategori yang mudah ditanam. Belilah bibit tomat, kemudian tanam di pot ataupun lahan tanah terbuka. Perawatan mudah dan hasil buah yang terus menerus menjadikan tomat merah besar ini primadona tanaman sayur.

Baca Juga:  Selama PPKM Darurat, Polresta Bogor Kota Siapkan Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19

2. Tomat cherry

Berbeda dari jenis pertama, tomat cherry memiliki ukuran kecil, sekali lahap. Rasanya yang manis membuat tomat jenis ini cocok sebagai cemilan buah ataupun jus segar. Tanaman tomat cherry sangatlah produktif. Satu tanaman saja dapat berbuah hingga ukuran pon dalam semusim.

Penanamannya dapat menggunakan sistem transplants ataupun tanam pada wahana container. Cukup praktis untuk kebun sayur ukuran mini, bukan?

3. Paprika atau Cabai



Tanaman paprika atau cabai termasuk tanaman yang harus tumbuh di kebun sayur. Alasanya jelas, cabai merupakan bahan sayur yang sering dimasak. Bagi bule, paprika layaknya cabai di negeri kita. Meski pada dasarnya rasa paprika tak sepedas cabai.

Paprika pun memiliki dua jenis dasar, yakni sweet dan hot paprika. Cabai eropa ini juga kini sangat familiar di indonesia dan dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional. Namun, untuk menanamnya di kebun kita, cabai lebih cocok dibanding paprika. Selain penggunaannya yang penting dalam masakan indonesia, cabai juga lebih cocok dengan kondisi alam dan tanah negeri kita.

Baca Juga:  Inilah Fakta Menarik Mengapa Bayi Menendang Dalam Kandungan

4. Cabai Rawit

Jika poin sebelumnya memjelaskan cabai, baik cabai merah besar, hijau, maupun keriting, poin ini lebih spesifik ke cabai rawit. Di antara sekian jenis cabai, rawitlah yang populer dalam berkebun sayur. Tak heran jika rawit pedas ini termasuk top 7 tanaman wajib kebun sayur.

5. Mentimun

Hanya butuh dua tanaman timun di kebun sayur kita. Itu sudah mencukupi kebutuhan keluarga beranggota empat orang. Bahkan, dapat pula membaginya beberapa untuk kerabat, tetangga, atau sahabat. Tanaman timun juga mudah perawatanya dan tak mudah mati. Penanamannya pun hanya membutuhkan biji. Sifatnya yang kuat dan merambat membuat tanaman timun cocok untuk kebun sayur yang tak luas.

6. Bayam

Sifat bayam yang mudah layu cukup menjadi alasan kuat mengapa harus menanamnya di kebun sayur sendiri. Alangkah lezatnya jika memasak bayam yang segar baru dipetik. Salad bayam mentah pun akan menjadi hidangan yang menyegarkan.

Baca Juga:  Cak Imin; Kalau Tidak Ada Kepastian di Gerindra, Ya Ikut PDIP Saja

Menanam bayam sangat mudah. Ia dapat tumbuh subur dari bibit. Tanamlah saat musim panas, niscaya panen dapat dilakukan sebelum musim gugur. Cepat, bukan?

7. Hasil atau selasih atau kemangi

Tanaman wajib kebun sayur terakhir adalah basil. Nama basil dikenal sebagai bumbu utama pewangi makanan italia seperti pizza dan pasta. Bubuk basil pun banyak dijual di supermarket. Namun, tahukah Anda bahwa basil pun ada di indonesia? Kita mengenalnya dengan daun kemangi.

Kemangi merupakan jenis basil Asia Tenggara. Akan tetapi, kemangi adalah nama daun. Adapun tanamannya disebut selasih. Yap, selasih yang sama dengan biji selasih yang terkenal untuk sajian es segar. Baik biji maupun daunnya juga tak hanya enak dikonsumsi, tetapi juga berkhasiat sebagai herbal. Oleh karena itu, tanaman selasih ini harus ada di kebun sayur kita.

Demikian ketujuh tanaman wajib tumbuh di kebun sayur. Sifatnya yang mudah ditanam dan sebagai bahan konsumsi sehari-hari menjadi pertimbangan utama. Jadi, tidak ada alasan mengabaikan tanaman-tanaman sayur tersebut kan? Selamat menanam dan mengisi kesegaran di kebun sayur. (Red)