bjb

Kota Depok dan Analisis Tingkat Kemiskinannya

Sudut Kota Depok. (Foto: Net)

JABARNEWS | JURNAL - Kemiskinan merupakan salah satu masalah utama di Indonesia yang terus menjadi fokus perhatian. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia setiap tahunnya. Kebijakan seperti persubsidian dan lahirnya program baru yang dibuat oleh pemerintah tidak luput dari alasan untuk mengurangi penduduk miskin.

Pemerintah terus menjalankan program-programnya demi menanggulangi kemiskinan di Indonesia dengan menggenjot pertumbuhan ekonomi dan menghasilkan inflasi yang terkendali. Karena kemiskinan itu sendiri seperti menggambarkan sejahtera atau tidaknya penduduk sebuah negara, juga berhasil atau tidaknya pemerintah dalam mengupayakan memakmurkan rakyatnya tersebut.

Baca Juga:

Angka Kemiskinan Kabupaten Tasikmalaya Turun

PID Mampu Tekan Angka Kemiskinan di Desa



Di Provinsi Jawa Barat, Kota Depok merupakan kota dengan tingkat kemiskinan terendah se kabupaten/kota provinsi tersebut, dengan tingkat kemiskinan sebesar 2,14 persen per 2018. Dalam beberapa tahun terakhir, Kota Depok berhasil menekan angka kemiskinan, hal tersebut dibuktikan dalam penurunan dan juga kestabilan tingkat kemiskinan dari tahun ke tahun. Pemerintah Kota Depok memanfaatkan APBD dalam mengentaskan kemiskinan di kota tersebu, mereka menyediakan anggaran untuk penanggulangan kemiskinan melalui beberapa program yang dijalankan.

Pada tahun 2017, BPS mencatat sebesat 52.340 penduduk di Kota Depok termasuk dalam kategori penduduk miskin atau sebesar 2,34 persen. Sedangkan pada tahun berikutnya, penduduk miskin di Kota Depok berjumlah 49.390 jiwa atau sebesar 2,14 persen dan terdapat pengurangan penduduk miskin di kota tersebut. Tingkat kemiskinan ini jauh dibawah Jawa Barat dan nasional.
Halaman selanjutnya
Tags : Kemiskinan Pemkot Depok Angka Kemiskinan Tanggulangi Kemiskinan Pertumbuhan Ekonomi Pemprov Jabar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Jelang Kurban, DKPPP Depok Dibantu 65 Mahasiswa IPB

BPS Jabar: Angka Kemiskinan Jabar Turun Lagi

Pemkot Depok Tingkatkan Pelayanan Publik Secara Online

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi