Begini Klarifikasi Polisi Terkait Suara Ledakan Disekitar Istiqlal

JABARNEWS | JAKARTA – Terkait benda mencurigakan yang sempat menghebohkan warga sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengklarifikasi kabar yang menyebutkan telah terjadi ledakan di sekitar Masjid Istiqlal, Senin (16/12/2019).

“Tidak ada ledakan di Jalan Juanda dekat Istiqlal. Hasil pemeriksaan Tim Gegana itu adalah tas berisi baju,” kata Yusri saat dikonfirmasi.

Yusri mengatakan Tim Gegana sudah dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan bahwa benda tersebut hanya tas berisi baju.

Baca Juga:  IPB Bangun Kampus PDD/PSDKU Di Sukabumi

“Laporan masyarakat ada tas tertinggal, kemudian dilaporkan kepada pihak Kepolisian,” katanya.

Kemudian pihak Kepolisian sesuai SOP bahwa memang ada temuan mencurigakan.

“Turunlah Tim Gegana ke sana untuk mengecek benda tersebut, tas ya. Kemudian dilakukan X-ray, ternyata isinya baju-baju. Sekarang sudah diamankan tas itu,” kata Yusri.

Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Susatyo Purnomo Condro menyebutkan benda mencurigakan di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, adalah baju.

Baca Juga:  Berikut Aturan dan Jadwal Pencairan THR Pekerja serta Gaji 13 PNS

“Tidak ada ledakan, barangnya sudah dibongkar. Isinya cuma baju,” ujar Susatyo di Jakarta.

Benda mencurigakan sempat menggegerkan warga sekitar Masjid Istiqlal. Benda tersebut sempat menjadi tontonan warga sekitar.

Kapolsek Gambir itu lantas menghubungi tim Gegana Polda Metro Jaya. Lalu datangnya tim gegana dengan atribut lengkapnya. Polisi kemudian segera memasang garis polisi agar warga tidak mendekat.

“Jadi suara ledakan itu tidak ada sebenarnya, yang ada tas yang dari pagi sampai siang di samping hotel,” ujar salah satu saksi

Baca Juga:  Saba Desa di Sumedang, Apdesi Jabar: Perlu Tafsir Program Pemprov

Imam Besar Masjid Istiqlal. KH. Nasaruddin Umar sempat kaget mendengar suara ledakan dari sekitar masjid. Semula ia menduga suara ledakan itu dari sekitar masjid.

Tapi berdasarkan informasi yang diterima dari supirnya, ledakan itu terjadi di depan atau dalam Hotel Sriwijaya, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui Hotel Sriwijaya ini lokasinya hanya beberapa meter saja dari Masjid Istiqlal. (Ara)