Emil: Penegakan HAM Bukan Hanya Amanah Konstitusi

JABARNEWS | BANDUNG – Memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang jatuh pada (10/12/2019), Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa penegakan HAM bukan hanya amanah konstitusi, tapi perlu dijunjung agar nilai-nilai kemanusiaan menjadi dasar hubungan antara pemerintah dengan rakyat.

Sehingga, pemerintah harus menjamin hak-hak politik dan hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya (ekosob) serta mampu memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan juga memberikan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Baca Juga:  Waduh! Kasus KDRT dan Kekerasan Seksual Anak di Sukabumi Masih Tinggi

Pemerintah juga harus memenuhi hak atas pendidikan dan kesehatan bagi seluruh masyarakat, pemenuhan hak-hak dasar bagi kelompok-kelompok terpinggirkan serta penyandang disabilitas, serta kelompok minoritas.

Pria yang sering disapa Emil ini mengakilui, HAM di Tanah Air memang masih menghadapi berbagai persoalan. Namun, pemerintah pusat maupun daerah terus bersinergi menyelesaikan masalah HAM.

“Saya harap, seluruh jajaran pemerintahan baik di pusat maupun daerah mempercepat upaya penyelesaian permasalah-permasalahan HAM tersebut secara baik,” kata Emil pada puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 Tahun 2019 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).

Baca Juga:  Survei: Suara Jokowi - Ma'ruf di Jawa Barat 47 Persen

Di Jabar sendiri, lanjut Emil, isu HAM menjadi salah satu perhatian khusus bagi Pemerintah Daerah Provinsi Jabar. Pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pembinaan Sadar Hukum (Darkum) bagi desa/kelurahan di 27 kabupaten/kota se-Jabar.

Baca Juga:  Ada Relawan Demokrasi, KPU Majalengka: Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Saat ini pun, Jabar sudah memiliki 2.770 desa/kelurahan Sadar Hukum, jumlah terbanyak di Indonesia. Deklarasi Sadar Hukum di Jabar juga telah menjangkau tingkat institusi pendidikan setara SMA, SMK, dan MA.

“Saya berharap melalui Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) dan HAM, pelajar mampu menjadi kepanjangan tangan pemerintah menularkan kesadaran ke seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Rnu)