Kodim 0619 Purwakarta: Pramuka Tangkal Radikalisme dan Kenakalan Remaja

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pelaksanaan perkemah pramuka bertajuk Madrasah Scout Camp 2019 yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta dapat membentuk karakter generasi muda.

Hal tersebut serupa diungkapkan oleh Dandim 0619 Purwakarta melalui Danramil 1905 Jatiluhur, Kapten Arm Bambang Priyambodo, saat menghadiri kegiatan perkemahan yang digelar di Buper Taman Rusa, Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, yang berlangsung selama 3 hari.

“Melalui pelaksanaan Madrasah Scout Camp 2019 kemah pramuka dapat membentuk karakter kebhinekaan bagi generasi muda,” kata Bambang, saat ditemui di perkemahan Madrasah Scout Camp 2019, Selasa (17/12/2019).

Baca Juga:  Dinkes Bogor: Covid-19 Meningkat Sebanyak 120 Kasus Perhari

Menurut dia, melalui kegiatan ini, banyak hal yang diperoleh dari setiap peserta kemah pramuka termasuk kerja sama tim dalam mengatasi permasalahan yang ditemui.

“Dalam kegiatan kemah pramuka ini, semua peserta dituntut untuk bisa bekerjasama tim dalam mengatasi setiap persoalan,” ujar Bambang.

Dengan kegiatan pramuka, tambah dia, karakter anak muda sebagai peserta dapat terbentuk dengan baik guna mempersiapkan mental sebagai bekal jadi pemimpin.

“Kegiatan pramuka termasuk perkemahan seperti ini sangat bermanfaat dalam membentuk mental serta karakter anak muda sebagai calon pemimpin,” imbuhnya.

Baca Juga:  Jadwal Buka Puasa Untuk Kota Bandung dan Sekitarnya Sabtu 9 April 2022

Ditambahkannya, Gerakan Pramuka harus ikut menjadi Gerakan Pramuka yang milenial dan memiliki ciri khas kearifan bangsa Indonesia. Meskipun diakuinya kemajuan teknologi informasi tidak bisa terhindarkan.

Namun semua itu apabila tidak dibentengi dengan sifat religi dan segala sesuatu yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang arif, bijaksana, sopan santun dan selalu mengutamakan musyawarah dan gotong royong, tidak saling menghasut dan terpecah belah.

“Maka dari itu, Kita gaungkan kembali semangat Dasa Darma Pramuka untuk menciptakan generasi muda yang tangguh, yang cerdas dan mempunyai akhlakul karimah dan peduli terhadap lingkungan dan sesama,” tegas Bambang.

Baca Juga:  Salah satu Ruangan Rumah Sakit di Tanjungbalai Dibakar Pasien

Selain itu, dirinya berharap Pramuka menjadi pelopor dari semua kegiatan positif. Sebaliknya, jangan nodai atribut Pramuka dengan perilaku yang buruk. Para Pramuka dididik menjadi generasi yang tangguh, kuat dan disiplin serta membanggakan bagi keluarga dan bangsa.

“Saya berharap adik-adik semua menjadi tumpuan harapan bangsa. Oleh sebab itu harus dimulai dari diri kita sendiri,” pungkasnya. (Gin)