Dewan Pers Ingatkan Media Jangan Menempel Calon Kepala Daerah

JABARNEWS | JAKARTA – Dewan Pers mengingatkan agar pers selalu menjaga independensi dan tidak berpihak ke salah satu calon kepala daerah dalam gelaran Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Media harus tetap independen, kalau sudah ‘nempel’ bukan media lagi namanya tetapi menjadi alat propaganda,” kata Ketua Dewan Pers M Nuh di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Baca Juga:  Megawati Sayangkan Pensiun Peneliti Di Indonesia Dipercepat

Kalau media sudah berpihak pada salah satu calon, hal tersebut kata dia akan memicu kekacauan di masyarakat karena informasi yang beredar sudah tidak lagi sehat.

Kemudian, jika produk pers diibaratkan sebagai oksigen maka menurut M Nuh individu akan tetap sehat kalau mengonsumsi oksigen yang sehat pula.

Baca Juga:  Peringatan Tahun Baru Islam Di Sekolah Ini Angkat Isu Narkoba

“Kalau terkontaminasi maka akan menyakitkan. Kita sebagai produsen harus selalu menciptakan informasi yang sahih dan sehat,” katanya.

Pers kata dia harus terus menempatkan diri sebagai penjernih informasi bagi masyarakat, apalagi pada gelaran pesta demokrasi.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Pelaksanaan PSBB Aneh, Cocoknya Berlaku di Kota

Ketika pesta demokrasi, informasi yang tersiar ke publik begitu banyak dan belum tentu benar, sebab pada era digital setiap orang bisa menyebarkan apa pun melalui media sosial.

“Dan posisi media kita harapkan juga menjadi pendingin bukan jadi pemanas di Pilkada, supaya tidak terjadi pertengkaran,” ujarnya. (Ara)