Berikut Ini Hal Menarik dari Pelantikan Kades Terpilih di Bogor

JABARNEWS | BOGOR – Sebanyak 222 orang Kepala Desa (Kades) terpilih dilantik secara serentak oleh Bupati Bogor Ade Yasin di Gedung Tegar Beriman, Cibinong. Rabu (18/12/2019).

Pada Pilkades sebelumnya, kades terpilih dilantik oleh masing-masing camat. Karena Pilkades 2019 diselenggarakan bersamaan, maka pelantikanya dilakukan secara serentak.

Bupati Bogor Ade Yasin mengapresiasi tingkat pendidikan kepala desa hasil pilkades serentak di 39 dari 40 kecamatan di seluruh Kabupaten Bogor yang digelar 3 November 2019 lalu.

Ade Yasin mengatakan, dari semua kepala desa yang dilantik, jumlah kepala desa laki-laki sebanyak 207 orang dan perempuan sebanyak 15 orang.

Baca Juga:  Gandeng KPK dan PPATK, Kejari Optimis Bongkar Korupsi

Komposisinya, tingkat pendidikan SLTP/sederajat sebanyak 46 orang, dan SLTA/sederajat sebanyak 122 orang, jenjang pendidikan Diploma (d-1 s.d. d-iii) sebanyak 5 orang, jenjang pendidikan Sarjana Strata 1 sejumlah 48 orang dan jenjang pendidikan Sarjana Strata 2 sebanyak 1 orang.

“Diharapkan dengan latar belakang pendidikan tersebut akselerasi pemerintahan, pembanguan dan pemberdayaan masyarakat di desa akan lebih mudah dilakukan,” kata Ade Yasin.

Ade Yasin juga menyebut banyak hal menarik dalam pelantikan para kepala desa.

“Terdapat 1 orang kepala desa yang telah menduduki jabatan berturut-turut selama 3 periode, yang dalam 2 periode memegang jabatan di Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, dan saat ini terpilih kembali diperiode ke 3 memegang jabatan di Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin yang bernama Saudara H. Mad Harun. Kami ucapkan selamat mengabdi di desa yang baru. Hal-hal positif yang telah sadara torehkan di Desa Gobang agar diaplikasikan dan ditingkatkan di Desa Cibodas,” pinta Ade Yasin

Baca Juga:  Jalan Antar Kabupaten Rusak Parah, Warga Serdang Bedagai Desak Gubernur Sumut Segera Lakukan Ini

Ade Yasin juga menyebut, pilkades kali ini telah menghasilkan kepala desa termuda yang berusia 26 tahun yang bernama Saudara Ade Syaprudin Muhamad Ma’mun sebagai Kepala Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng dan Kepala Desa tertua berusia 71 tahun bernama Saudara I Sujana sebagai Kepala Desa Singasari, Kecamatan Jonggol.

Baca Juga:  Bom Tas di Bengkulu Diduga Terkait Pilkades

“Untuk kepala desa muda diharapkan saudara memiliki semangat juang dan kreasi maupun inovasi yang tinggi, sementara kepala desa yang sudah matang dalam usia diharapkan pengalaman dan sikap arif bijaksananya bisa membawa desa ke arah yang lebih maju,” kata Ade Yasin.

Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, dari 222 kades yang dilantik, 207 kades merupakan laki-laki dan 15 orang perempuan. (Red)