Tingkatkan Disiplin, Pelajar Asal Karawang Dilatih di Markas TNI AD

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 250 Pelajar dari SMK Texmaco Purwasari mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad.

Pelajar yang bersekolah di Jalan K.H. Moch. Shodiq, kampung Babakan Dukuh, Desa Sukasari Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang itu mengikuti latihan di Markas TNI Angkatan Darat yang beralamat di jalan raya Sadang-Subang, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta.

Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, LDKS ini sangat penting untuk melatih kedisiplinan dan kemandirian peserta didik.

Baca Juga:  Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan di Purwakarta, Edwar Zulkarnain Tegaskan Hal Ini

“Pelatihan dasar untuk siswa di era modernisasi ini sangatlah penting karena bisa menjadikan siswa terdidik dalam bersikap, khususnya di lingkungan sekolah,” kata Andi, saat ditemui usai membuka acara tersebut, Rabu (18/12/2019).

Konsep yang diusung dalam LDKS kali ini, lanjut dia, yaitu berupaya meningkatkan dan membentuk karakter peserta didik dalam kemandirian, disiplin dan kepemimpinan. Dalam kegiatan ini, pihak sekolah memercayakan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad untuk membina peserta didik.

Baca Juga:  Tingkatkan Keamanan Pengunjung, Disbudpar Garut Kaji Standarisasi Objek Wisata

“Dengan belajar dan di didik langsung dari yang ahlinya, para siswa dapat merasakan langsung bagaimana menjadi seorang prajurit yang disiplin. Semoga mereka menjadi pribadi yang kuat dan tangguh,” jelas Andi.

Materi yang dipaparkan dalam LDKS ini, kata Andi, mulai dari penguatan karakter sosial, wawasan kebangsaan, bela negara hingga ketangkasan peserta didik.

“Kegiatan ini untuk membentuk jiwa siswa yang tanggap, tangguh, Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta memiliki iman dan takwa dan bekal pengetahuan kepemimpinan, kemandirian saat menghadapi masalah dan penyelesaiannya dimasa yang akan datang,”ujarnya.

Baca Juga:  Viral, Oknum Polisi Tertangkap Basah Bawa Wanita Idaman Lain Diamuk Istri dan Adik Kandung

Andi berharap, dengan adanya kegiatan ini para peserta didik memiliki tambahan motivasi, karakter pelajar yang kuat, hingga mampu beradaptasi di masyarakat.

“Dengan harapan kedepannya peserta didik bisa tumbuh, dan berkembang menjadi pelajar yang memiliki kualitas komptensi diatas rata-rata yang berguna bagi bangsa dan negara. Yang paling penting terjauh dari Kenakalan remaja seperti Narkoba, Miras dan lainnya,” pungkasnya. (Gin)