Keren! Sensasi Baru Menonton Film 3D Ada di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis melakukan inovasi dalam meningkatkan literasi dan minat baca bagi warga Ciamis. Pasalnya, dengan adanya Ruang Audio Visual yang telah diresmikan oleh Bupati Ciamis harus dijadikan media llmu sebagai wahana edukasi melalui tayangan audio dan visual yang kreatif, atraktif dan rekratif.

Audio Visual 3D merupakan ruangan bioskop yang terdiri 54 kursi duduk dengan menayangkan film animasi yang edukatif bagi anak usia dini, terutama kaitannya dengan kearsipan atau dokumenter Kabupaten Ciamis bisa ditayangkan disana.

“Kini masyarakat yang hendak menyaksikan film animasi edukatif hanya dengan syarat identitas KTP atau Kartu Keluarga (KK), masyarakat sudah dapat menjadi keanggotaan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis, dan dapat menikmati fasilitas yang ada, salah satunya yaitu fasilitas Audio Visual 3D,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis, Tini Nurmasari kepada Jabarnews.com, diruangan kerjanya, Kamis (19/12/19).

Baca Juga:  Gawat! Warga Tebing Tinggi Krisis Air Bersih, Ternyata Ini Penyebabnya

Menurutnya, untuk dapat menonton film gratis di ruang audio visual 3D, masyarakat maupun kelompok anak usia dini harus membuat surat ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terlebih dahulu, minimal 1 kelompok berjumlah 10 orang.

Tini mengaku, semua film yang kita koleksi memiliki nilai sisi edukasinya, dan sudah dipersiapkan 5 koleksi untuk anak-anak, namun untuk kedepan kita akan menyediakan film khusus edukasi bagi kalangan remaja.

Baca Juga:  Hingga November 2021, Tercatat 424 Bencana Terjadi di Indonesia, Banjir Mendominasi

“Berdasarkan kesepakatan bersama, bioskop 3D audio visual tersebut dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Jumat dengan 2 kali sesi penayangan,” jelasnya.

Tini juga menerangkan, dengan adanya fasilitas audio visual di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut mudah-mudahan dapat meningkatkan pengunjung dan angka literasi di Kabupaten Ciamis dapat lebih meningkat.

“Hingga saat ini, tingkat pengunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis rata-rata perhari 200 pengunjung, namun demikian dengan adanya sejumlah fasilitas yang disediakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis tersebut, semoga para minat membaca di Kabupaten Ciamis dapat bertambah.

Baca Juga:  Larangan Ekspor CPO Tak Berpengaruh, Harga Minyak Goreng di Bandung Masih Tinggi

Sementara itu, Kepala Bidang pengolahan dan pelayanan perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis, Dase Fadlil Yusdy M mengatakan bahwa perpustakaan daerah harus terus dinamis baik dalam membangun sarana prasarana dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai pemustaka.

“Menurutnya, tahun 2020 target kuantitas pengunjung datang ke perpustakaan daerah Insyallah akan meningkat secara signifikan dan minat baca masyarakat akan terus berkembang menjadi prioritas,” pungkasnya.

Dengan demikian menurut Dase, dalam Hari Gerakan Nasional harus mengambil semangat membaca dengan slogan dengan membaca Ciamis Bermakna, Dengan membaca Ciamis Jaya, Dengan Membaca Ciamis Sejahtera. (CR1)