Dalam Sebulan DPKPB Purwakarta Tangani 21 Kasus Ular

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kembali teror ular kobra masih mengancam pemukiman warga. Kali ini ular kobra ditemukan di Kampung Cisalak, RT 16/06, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta langsung terjun untuk mengevakuasi ular tersebut. Hasilnya, seekor ular king kobra berhasil di evakuasi.

Kepala DPKPB Purwakarta, Wahyu Wibisono, mengatakan, dalam sebulan terakhir hingga kemarin sore (Kamis,19/12/2019) berhasil mengevakuasi ular sebanyak 8 kali penangkapan.

Baca Juga:  Operasi Zebra Lodaya 2021 Resmi Berlaku, Kapolres Purwakarta Minta Anggotanya Jaga Sopan Santun

“Jadi sudah ada 21 ekor kobra yang kami amankan dan 1 ekor king kobra, 1 ekor ular pucuk, dan 1 ekor ular kopi,” kata pria yang akrab disapa Wibi, Jumat (20/12/2019).

Fenomena penemuan ular kobra hingga di berbagai wilayah, diakui Wibi memang sudah tentu dapat mengkhawatirkan warga masyarakat. Namun, dirinya meminta warga tetap waspada di seluruh lingkungannya masing-masing.

Baca Juga:  Momen IdulFitri, Uu Ajak Warga Pererat Persaudaraan

Terpisah, salah seorang petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta, Mohamad Asar memberikan tips kepada warga masyarakat jika di rumahnya terdapat seekor ular.

“Jangan panik dengan keberadaannya. Bergegaslah ambil sapu injuk untuk menjauhkannya. Sapu injuk itu lebih efektif dibanding alat lain,” ujarnya.

Baca Juga:  Dipercaya Bisa Atasi Panu, Ini Manfaat Kemiri

Terkait cara mengusir ular dengan garam, kata Asar, hal itu masih menjadi sesuatu yang diyakini warga. Tetapi, cara itu kurang efektif mengingat musim hujan yang dapat membasahi permukaan.

“Hindari barang-barang yang menumpuk di halaman rumah. Kalau tak digunakan lebih baik dibuang. Karena ular suka membuat sarang di lokasi seperti itu untuk dapat kehangatan,” jelasnya. (Gin)