Heboh Ular Kobra, Pahami Cara Ampuh Mengusirnya Berikut Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Sejumlah daerah di Indonesia pada awal musim penghujan ini dihebohkan dengan banyaknya penemuan anakan ular kobra yang tentu saja menimbulkan keresahan bagi warga, karena seperti yang diketahui ular kobra walaupun masih berupa anakan sudah memiliki bisa yang juga mematikan bila orang yang terkena bisanya tidak segera ditangani dengan benar.

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menerapkan cara mengusir ular. Apalagi, jika kondisi ini telah terjadi lebih dari satu kali. Itu tandanya, area rumahmu rawan akan kedatangan ular!

Sekalipun tidak beracun, namun keberadaan hewan yang satu ini amatlah meresahkan. Ini dia, cara mengusir ular dari rumah tanpa harus panik dan repot:

1. Buka Seluruh Pintu dan Ventilasi Rumah

Biarkan ular tersebut sendirian dan menemukan jalan keluar. Sebagian besar ular akan meninggalkan rumah sendiri jika diberi waktu dan kesempatan.

Bila kamu menemukan ular di garasi atau ruangan yang mengarah ke luar, segera buka pintu agar dia bisa segera meluncur ke luar. Ini adalah metode yang lebih sederhana dan dapat diandalkan daripada pendekatan langsung.

Biasanya, ular bakal merasa terancam dan takut saat kamu berusaha menjangkau dirinya. Semakin takut, ada dua hal berbeda yang bakal dilakukan ular.

Pertama, dia bakal semakin melata menuju sudut sempit rumah. Kedua, ular bisa balik menyerang karena menganggap kamu sebagai musuh yang mengancam!

2. Pasang Perangkap Ular

Tak selamanya ‘kan, kamu dan anggota keluarga lain rela mendiamkan keberadaan ular di sekitar rumah?

Baca Juga:  Diiming-imingi Uang Rp5 Ribu, Anak 7 Tahun Dicabuli oleh Pedagang Mainan di Bandung

Pasanglah perangkap ular yang dapat membantu menyelesaikan perkara ini. Bentuk perangkap bisa bermacam-macam, tergantung kebutuhan. Beberapa yang populer adalah perekat dan kandang pemancing yang ditaruh irisan daging.

Apabila kamu menangkap ular yang tidak berbisa, tempatkan perangkap di dalam ember, kemudian bawalah ular tersebut jauh dari rumah.

Setelah itu, siram ular dengan minyak sayur yang memiliki aroma menusuk agar ular bisa segera pergi menjauh. Namun jika kamu menangkap ular berbisa, keluarkan secara perlahan. Segera pakai pengaman, khususnya dekat area tangan.

Hubungi petugas yang ahli dalam mengatasi hewan berbisa ini agar lebih aman.

3. Menebar Aroma yang Dibenci Ular

Sudah lama masyarakat percaya bahwa jurus paling ampuh dalam mengusir ular adalah taburan garam. Padahal, cara tersebut tidak akan mempan lho!

Ular adalah hewan bersisik, bukan berlendir. Sehingga keberadaan garam tidak akan mengubah keadaan secara signifikan.

Justru, ular benci dengan aroma seperti wewangian.Cobalah menyemprot wewangian seperti parfum atau pewangi ruangan. Dijamin ular akan pergi dengan sendirinya.

Bisa juga kamu menyiram area sekitar ular berada dengan karbol atau sejenis pembersih ruangan lainnya.

Hati-hati saat menyiram, biasanya ular bisa bergerak cepat dan menyasar bagian tubuhmu! Intinya, manfaatkan aroma wangi dari produk-produk terkait untuk mencegah ular masuk ke rumah.

Sebagai upaya mencegah, semprotkan sudut ruangan atau jalan masuk yang biasa dilalui ular. Saat ini, sudah terdapat banyak pengharum ruangan serta alat khusus untuk mengeluarkan aroma wangi di rumah.

Baca Juga:  Komisi VIII DPR Tolak Rencana Dua Raksasa Unicorn Gaet Bisnis Umroh

Ada dua keuntungan yang bisa didapat, Pertama, ruangan sekitar akan harum dan bikin nyaman sehari-hari. Kedua, bebas dari kunjungan tamu tak diundang bernama ular.

4. Menutup Celah-celah Kecil di Rumah

Cara mengusir ular selanjutnya adalah menutup celah kecil di rumah. Periksa bagian luar rumahmu demi mencari kemungkinan titik masuk ular yang tak terduga. Ular pandai menyelundup lewat tempat sempit, sehingga celah sekecil apapun bisa diatasi dengan mudah.

Saluran air dan ventilasi adalah titik masuk potensial lainnya. Sehingga perlu dipastikan bahwa semua ventilasi HVAC, pengering, hingga kamar mandi, telah ditutup secara rapat.

Kamu bisa menggunakan dempul atau semacam busa keras untuk menutup celah-celah kecil ini. Tempatkan kawat kasa di cerobong asap, ventilasi, dan tempat lain yang dapat digunakan ular untuk masuk ke dalam rumah. Diameter lubang pada kawat kasa tidak boleh lebih dari 0,5 cm, agar ular tidak dapat menembusnya.

Tak hanya ular, kamu juga dapat mencegah masuknya jenis binatang lain seperti burung. Perlu diketahui bahwa kebanyakan ular yang dijumpai orang di rumah atau halaman, tidak berbisa.

5. Membersihkan Halaman dan Sekitarnya

Tahukah kamu, ular menyukai tempat yang banyak terdapat semak dan rumput tinggi? Itu berarti, hindari membiarkan halaman rumah tak terurus dengan rumput dan semak yang jarang dipotong!

Biasakan memotong rumput, semak-semak yang mulai luar, sapu-sapu ranting kayu yang berjatuhan. Singkirkan semak-semak dan tanaman rimbun lain yang biasanya dijadikan tempat tinggal ular. Secara tidak langsung, kamu telah menerapkan cara mengusir ular yang terbilang ampuh.

Baca Juga:  Bey Machmudin dapat Intruksi Integrasikan Kereta Cepat Whoosh dari Presiden Jokowi

Selain itu, habitat yang kotor juga merupakan tempat sempurna untuk tikus, serangga dan jenis binatang lainnya. Alhasil, ular akan datang dan mencari mangsa yang dia inginkan.

Tak hanya itu, ular juga lebih suka dengan daerah yang dingin serta lembab. Maka dari itu lakukan apa yang Anda bisa untuk menghilangkan sumber air menggenang. Singkirkan segala genangan air, termasuk becekan air di sekitar dan sebagainya.

Jadi, apapun yang bisa kamu lakukan untuk mengeringkan halaman dan membawa lebih banyak sinar matahari, upaya tersebut dapat meminimalisir kehadiran ular.

Meski begitu, jika suatu saat nanti kamu menjumpai ular yang tidak berbisa di halaman, biarkan saja dia pergi dengan sendirinya. Sebab, sebagian besar ular merupakan jenis yang tidak berbahaya dan memiliki peran penting terhadap lingkungan di halaman rumah. Pasalnya, kehadiran ular dapat melindungi dari serangan hama perusak.

Sudah saatnya kita mewaspadai diri dari kehadiran ular di dalam rumah. Jangan sampai kita menjadi korban selanjutnya akibat kecerobohan saat hendak menerapkan cara mengusir ular. Apalagi, racun dari bisa ular tersebut dapat membahayakan diri kita.

Kita wajib waspada dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan seluruh area tempat tinggal kita masing-masing. Bila menemukan ular kobra ataupun telurnya kalau tidak paham segera hubungi ahlinya atau Damkar di nomor 113 atau 1131. (Red)