DPKPB Purwakarta Terima Delapan Laporan Teror Ular Selama Musim Hujan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ular king kobra berhasil di evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta di pemukiman warga di Kampung Cisalak, RT 16/06, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao.

Kepala DPKPB Purwakarta, Wahyu Wibisono, mengatakan, dalam sebulan terakhir hingga Kamis, (19/12/2019) berhasil mengevakuasi ular sebanyak 8 kali penangkapan.

“Jadi sudah ada 21 ekor kobra yang kami amankan dan 1 ekor king kobra, 1 ekor ular pucuk, dan 1 ekor ular kopi,” kata Pria yang akrab disapa Wibi, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga:  Jokotri: Gempa dan Kesiapan Diri Manusia

Fenomena penemuan ular kobra hingga di berbagai wilayah, diakui Wibi memang sudah tentu dapat mengkhawatirkan warga masyarakat.

Namun, dirinya meminta warga tetap waspada di seluruh lingkungannya masing-masing.

Baca Juga:  Angin Kencang Terbangkan Atap Rumah Warga di Kabupaten Purwakarta

Terpisah, Salah seorang petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta, Mohamad Asar memberikan tips kepada warga masyarakat jika di rumahnya terdapat seekor ular.

“Jangan panik dengan keberadaannya. Bergegaslah ambil sapu injuk untuk menjauhkannya. Sapu injuk itu lebih efektif dibanding alat lain,” ujarnya.

Terkait cara mengusir ular dengan garam, kata Asar, hal itu masih menjadi sesuatu yang diyakini warga. Tetapi, cara itu kurang efektif mengingat musim hujan yang dapat membasahi permukaan.

Baca Juga:  Bima Arya Pastikan Harga Bahan Pokok di Kota Bogor Aman Jelang Ramadhan

“Hindari barang-barang yang menumpuk di halaman rumah. Kalau tak digunakan lebih baik dibuang. Karena ular suka membuat sarang di lokasi seperti itu untuk dapat kehangatan,” jelasnya. (Gin)