Ketua GOW Prihatin Tingginya Angka Perceraian Di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Ciamis mencatat 5604 perkara kasus gugatan cerai yang ditangani Pengadilan Agama Ciamis. Sebanyak 3755 kasus gugatan cerai berasal dari pihak perempuan.

Ketua GOW Kabupaten Ciamis, Talbiyah Munadi menilai maraknya angka kasus perceraian tersebut, selain dari faktor ekonomi dan perselingkuhan, penggunaan teknologi yang canggih seperti media sosial juga menjadi penyebab angka perceraian.

“Pasangan suami istri seharusnya dapat menjaga komitmen dan keharmonisan rumah tangga melalui komunikasi terbuka, sehingga perceraian didalam rumah tangga dapat dicegah,” kata kepada Jabarnews.com saat ditemui, Minggu (22/12/19).

Baca Juga:  Bandung Kota Sejarah

Oleh sebab itu Hj. Talbiyah menegaskan agar pasutri dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial, dan itu menjadi salah satu kunci menjaga keharmonisan pasangan di era teknologi digital.

Hj. Talbiyah memandang, berkomunikasi di dunia maya sering kali menimbulkan persepsi yang berbeda dan justru menimbulkan kerentanan konflik antara pasangan. Media sosial memang dapat membantu berkomunikasi dengan cepat namun jika tidak bijak dalam menggunakannya justru dapat menjadi sumber masalah didalam rumah tangga.

Baca Juga:  Antisipasi Peredaran Obat PCC, Polres Purwakarta Gelar Razia Toko Obat & Apotek

“Teknologi semakin canggih, tantangan hambatan dan rintangan akan lebih bertambah, oleh sebab itu kita harus antisipasi bahwa alat komunikasi atau media sosial itu harus dijadikan sarana komunikasi yang positif, maka dari itu penggunaannya harus dipertimbangkan.

Baca Juga:  Baliho dan Spanduk Caleg Berseliweran, Bawaslu Purwakarta Tegaskan Hal Ini

Demikian juga untuk putra putri kita generasi penerus bangsa, peran orang tua jangan sekedar memberi alat komunikasi digital tanpa adanya peran pengawasan terhadap anak, jangan sampai alat komunikasi digital itu menjadi tidak bermamfaat yang positif.

“Oleh sebab itu saya menyampaikan kepada perempuan-perempuan Tatar Galuh Ciamis untuk bisa mengantisipasi dan menggunakan alat komunikasi digital dengan sebaik-baiknya,” ucapnya. (CR1)