Euforia Tol Japek Sebabkan Penumpang Kereta Api Menurun

JABARNEWS | JAKARTA – Sudah hampir seminggu kehadiran Tol layang Jakaerta-Cikampek diresmikan dan dibuka sejak Minggu (15/12/2019). Namun terjadi pergeseran moda transportasi umum yang terjadi, seperti halnya kereta api.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut kehadiran Tol Jakarta-Cikampek (Japek) turut mempengaruhi jumlah penumpang kereta api khususnya yang melewati jalur selatan Jawa.

“Ada pergeseran-pergeseran dengan adanya jalan tol (Japek), yang tadinya naik kereta api, mereka mencoba karena ini musim liburan. Kalau liburan, kan, yang penting mereka sampai,” kata Menhub saat meninjau Stasiun Pasar Senen Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Baca Juga:  Hercules : Saya Harap, Sikap Hakim Obyektif dalam Putuskan Praperadilan Eks Komisaris Wika Beton

Menurut Budi, apabila dibandingkan secara year-to-year dalam rentang waktu dua hari masa angkutan natal dan tahun baru, terjadi penurunan sekitar enam hingga sepuluh persen.

Akan tetapi, Budi tidak menyebut secara rinci berapa kisaran penurunan jumlah penumpang kereta api dalam rentang dua hari secara year-to-year tersebut.

“Satu hari ini tol Japek dibuka jadi sehingga banyak yang beralih. Penurunannya range 6 sampai 10 persen di dua hari yang sama masa angkutan Natal,” kata dia.

Baca Juga:  Soal Kecelakaan Maut Truk Tangki di Bekasi, DPR RI Minta PT Pertamina Tanggung Jawab ke Korban

Meski begitu, ia meyakini bahwa penurunan tidak akan bertahan lama, sebab peralihan moda transportasi yang terjadi hanya sebatas euforia semata sejak dibukanya, termasuk viral kondisi jalan, Tol Japek.

“Mungkin ini euforia aja. Saya pikir enggak apa-apa, karena kereta api tetap bagian yang favorit. Ada suprise, ada yang nyoba tol Japek hari ini jadi sedikit macet,” kata dia.

Sementara data dari PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta, angka penumpang di Stasiun Gambir pada Sabtu hingga pukul 12.00 WIB menunjukkan volume pemberangkatan sejumlah 21.358 orang. Angka itu menggeliat dibanding pada akhir pekan biasa yang hanya mencapai 14 ribu orang dalam rentang waktu yang sama.

Baca Juga:  Cegah PMK, Polisi di Purwakarta Lakukan Hal Ini

Di Stasiun Pasar Senen menunjukkan angka yang sama. Volume pemberangkatan penumpang sudah menyentuh angka 22.645 hingga pukul 12.00 WIB atau meningkat dari jumlah akhir pekan biasa yang hanya 16 hingga 18 ribu penumpang. (Ara)